HOME

Cara Saya Menghadapi Penolakan Pendaftaran Blog di Google AdSense

Tanpa harus banyak basa-basi, saya ingin berbagi pengalaman mengenai Blog dan Google AdSense. Secara singkat begini perjalanan blog kesayangan saya ini yang penuh liku-liku dan luka-luka.

1. Dulu sekali blog Java Harmony ini sudah pernah diterima pendaftarannya di Google AdsSense, setelah mengalami mungkin 3 atau 4 kali ditolak dengan berbagai sebab.

2. Setelah diterima GA (Google AdSense) dan memasang script iklannya, maka iklan pun tayang dengan normal. Sejak saat itu blog Java Harmony menjadi salah satu publisher iklan-iklan google selama beberapa bulan.

3. Cara daftar atau membuat akun di GA pun cukup mudah. Anda hanya akan diminta mengisi dan melengkapi data-data. Meski mudah tapi tetap menunggu beberapa hari untuk mendapat persetujuan diterima di GA. Waktu itu saya daftar akun GoogleAdSense jenis personal. Rata-rata blogger Indonesia ketika membuat akun GA akan memilih jenis akun personal yang lebih mudah diterima.

4. Setelah beberapa lama berhasil memiliki akun GA (akun personal) dan berhasil mendaftarkan Blogger di GA, muncul keisengan ingin ganti jenis akun GA. Dari akun GA jenis Personal ditingkatkan menjadi akun GA type Bisnis.

5. Syarat untuk memiliki akun GA tipe bisnis diharuskan menghapus akun GA personal, jika akun email, identitas dan dokumen (KTP/Paspor) yang digunakan sama. Maka akun GA personal saya hapus, dan itu berarti sisa saldo dan blog-blog yang terhubung di GA ikut hangus.

6. Setelah menghapus GA Personal, mulailah mendaftar ulang Google AdSense tipe akun bisnis. Ternyata mendaftar akun bisnis di GA lebih ribet dibanding bikin akun personal. Tapi prosesnya lebih cepat karena saya sudah siapkan berbagai dokumen lengkap sebagaimana yang dipersyaratkan. Sekitar dua hari saya sudah bisa memiliki akun AdSense tipe bisnis.

7. Akun GA tipe bisnis lebih unggul dalam beberapa hal dibanding tipe akun personal.

8. Setelah berhasil memiliki akun GA tipe bisnis, mulailah saya mendaftarkan lagi blog ini untuk bisa diterima di GA dan bisa menampilkan iklan-iklannya.

9. Tiap mendaftar, hampir selalu ditolak dengan berbagai alasan belum memenuhi syarat. Yang paling sering ditolak dengan alasan low content (konten berkualitas rendah). Seingat saya, blog ini sudah mengalami lebih dari 20 kali ditolak. Berbagai upaya perbaikan blog sudah saya lakukan agar bisa diterima di adsense. Anda bisa membacanya di artikel (klik!):Kembali Bermasalah Dengan Peringatan Low Value Content dari Adsense.

10. Setelah puluhan kali ditolak, saya coba daftar sekali lagi dan tanpa melakukan perbaikan apapun. Diterima syukur, kalau ditolak lagi ya sudah. Dan saya memutuskan untuk berhenti dulu dari kegiatan blogging.

11. Hampir 1,5 tahun saya vakum dari dunia blogging dan sibuk membuat bisnis kecil bidang kuliner yaitu bikin warung soto sapi mulai dari nol sampai makin lama makin banyak memiliki pelanggan setia.

12. Sekitar tanggal-tanggal 20-an September 2023, iseng-iseng saya buka lagi akun Google AdSense saya. Dan....tadaaaaa......blog Java Harmony diterima di GA dan dinyatakan siap menayangkan iklan. Saya tidak tahu kapan persisnya blog ini akhirnya diterima di GA. Tentu khabar gembira ini menambah semangat saya untuk blogging lagi. Itulah pengalaman saya mendapat penolakan puluhan kali ketika blog ini didaftarkan ke Google AdSense (tipe akun bisnis).

Penutup:

-Konon katanya sih, Blog yang didaftarkan ke Google AdSense akan diperiksa secara manual (manusia) dan bukan robot.

-Kalau blog Anda juga sudah berkali-kali di tolak, dan sudah berkali-kali juga diupayakan perbaikan, coba daftar sekali lagi kemudian 'ditinggal tidur 'saja. Nggak usah terlalu dipikirin. Entar lama-lama diterima juga jika Anda yakin blog Anda nggak jelek-jelek amat dan artikel-artikelnya bukan dari hasil copas blog lain. Good Luck!!

Cara Saya Menghadapi Penolakan Pendaftaran Blog di Google AdSense

Posting Komentar