NqRcNaNcMqZbLWZ4Max7LWpbNTcsynIkynwbzD1c

Cara Ajak Teman Mengelola Blog Bersama Melalui HP Android

Tips blogging mengenai cara mengelola blog bersama dengan teman lainnya sehingg…

BLANTERLANDINGv101
2213316028097768920

Cara Ajak Teman Mengelola Blog Bersama Melalui HP Android

26 Jan 2022

Pengantar

Kegiatan nge-blog di internet bisa jadi menyenangkan sekaligus cara refreshing yang murah-meriah. Selain mendapat tambahan pengetahuan yang bermanfaat. Itu kalau tujuan kita blogging untuk fun. Berbeda dengan jika menetapkan tujuan nge-blog untuk target tertentu yang agak serius. Misalnya untuk tujuan bisnis. Kegiatan nge-blog dengan beban target tertentu seringkali terasa melelahkan dan butuh strategi dan pemikiran lebih serius.

Cara Ajak Teman Mengelola Blog Bersama Melalui HP Android
Photo by Ilyuza Mingazova on Unsplash

Karena itu, supaya kegiatan nge-blog untuk tujuan bisnis misalnya, bisa lebih ringan dan menyenangkan, tidak ada salahnya kita lakukan secara kerja tim. Dalam artikel ini akan dibahas cara mengajak teman-teman Anda untuk mengelola sebuah blog secara bersama-sama melalui hp android.

Jika Anda belum punya blog baca dulu: Cara Bikin Blog Gratis Melalui Handphone Dengan Mudah
Jika Anda belum bisa mengisi blog dengan artikel atau produk, baca dulu: Cara Buat Artikel di Blog Pakai HP Android

Prasyarat Kerja Tim untuk Blog

Sebuah blog, kita amsalkan bertujuan untuk promosi produk UMKM. Supaya blog tidak hanya berisi sedikit produk yang menjadikan blog tampak kurang menarik, ada baiknya kita ajak teman-teman UMKM yang lain untuk ikut mengisi blog dengan produk-produk yang mereka hasilkan. Isi blog akan lebih beragam dan lebih menarik.

Tentu saja supaya kerjasamanya kompak dan pengelolaan blog bisa berjalan lancar, prasyarat kerja tim harus dipenuhi. Diantaranya:

  • Memiliki visi dan tujuan yan sama. Yaitu memajukan bisnis kecilnya untuk bisa bertumbuh dan berkembang.
  • Menjunjung tinggi kejujuran. Ini sangat penting dan menjadi 'spirit' dari blog yang dikelola bersama. Bisa Anda bayangkan apabila ada salah satu atau beberapa orang pengelola blog yang bertindak kurang jujur terhadap calon pelanggan misalnya. Maka nama blog yang dibesarkan bersama-sama bisa mendapat stigma negatif.

Tahapan Mengajak Teman Mengelola Blog

*Klik pada gambar untuk memperbesar gambar.

1. Buka browser di hape Anda (boleh pakai chrome atau mozilla). Ketikkan (atau klik) blogger.com. Setelah berada di beranda blogger klik SIGN IN seperti nampak dalam Gambar 1 di bawah ini.

Gambar 1

2. Tap tanda tiga garis diatas sebelah kiri untuk membuka menu dasbor blogger. Geser ke atas untuk menuju menu yang ada di bawah sampai ketemu Setelan. Lihat tanda panah pada Gambar 2 seperti di bawah ini. Silahkan klik 'Setelan' dan perhatikan yang ada di sisi sebelah kanan.

Gambar 2

3. Pada sisi sebelah kanan, geser ke atas untuk menuju ke menu-menu bawah seperti tanda panah di Gambar 3.

Gambar 3

4. Sampai menemukan IZIN (nomor 1) dan Undang lebih banyak penulis (nomor 2) sebagaimana yang ditunjukkan pada Gambar 4 di bawah ini.

Gambar 4

5. Tap pada bagian 'Undang lebih banyak penulis' dan nanti akan muncul jendela pop up. Tulislah email dari sahabat Anda yang hendak diajak bergabung untuk mengisi blog yang telah Anda buat. Seperti yang dinampakkan pada Gambar 5 di bawah ini.

Gambar 5

6. Setelah alamat email sahabat Anda sudah diketik dengan benar (nomor 1), kemudian tap 'KIRIM' (nomor 2) seperti diperlihatkan pada Gambar 6. Setelah itu tunggu sampai sahabat Anda membuka email undangan untuk menjadi penulis (author) blog. Dan meng-klik 'SETUJU' pada undangan yang terkirim lewat email tadi.

Gambar 6

7. Anda bisa mengecek/tap pada bagian 'Undangan penulis tertunda' untuk mengetahui apakah undangan Anda telah diterima dan disetjui oleh sahabat Anda. Seperti dapat Anda lihat kotak merah di Gambar 7 di bawah ini.

Gambar 7

8. Apabila sahabat Anda sudah merespon 'setuju' menjadi kontributor di blog yang telah Anda buat, silahkan tap di bagian 'Admin dan penulis blog'. Lihat tanda kotak merah pada Gambar 8 di bawah ini.

Gambar 8

9. Ketika di klik akan muncul jendela pop up. Nama akun dan alamat email sahabat Anda bisa terlihat. Pada awalnya, semua sahabat yang Anda undang untuk berkontribusi di blog, semua bestatus sebagai penulis (author). Apabila Anda ingin mengubah status sahabat dari 'penulis' menjadi 'admin', klik 'penulis' pada akun email sahabat Anda, dan akan terbuka jendela kecil (lihat nomor 1). Setelah Anda pilih (klik) dari Pengarang ke Admin, kemudian tap 'SIMPAN' (nomor 2) seperti terlihat pada Gambar 9 di bawah ini.

Gambar 9

10. Dalam satu blog bisa terdiri dari banyak kontributor, jadi banyak sahabat Anda bisa bergabung dengan Anda untuk bersama-sama mengembangkan blog sebagai jendela promosi produk-produk Anda dan para sahabat. Anda tinggal mengatur siapa-siapa saja sahabat Anda yang dijadikan Admin dan siapa saja yang berstatus Pengarang (Author). Seperti terlihat di Gambar 10 di bawah ini.

Gambar 10

Catatan:

  1. Pengarang (Author) hanya bisa menulis blog (termasuk mengupload foto/video). Bisa merevisi dan menghapus atas tulisan yang telah dibuatnya di blog. Otoritasnya terbatas.
  2. Admin blog, memiliki otoritas lebih lengkap dimana bisa melakukan pengaturan dan perubahan bentuk dan isi blog. Bahkan bisa menghapus/menutup blog itu sendiri. Admin sebaiknya dipegang oleh Anda sendiri atau orang-orang kepercayaan Anda.

Penutup

Demikian uraian sederhana tentang cara mengajak teman untuk berkontribusi mengembangkan sebuah blog. Tentunya jika kompak banyak sahabat yang bisa kita ajak untuk bersama-sama mengembangkan blog, maka akan berdampak positif bagi pengembangan dan kemajuan usaha Anda. Semua aktifitas diatas bisa Anda lakukan hanya melalui handphone android yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

Kurang-lebihnya mohon maaf, semoga tulisan diatas bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog saya ini.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang