NqRcNaNcMqZbLWZ4Max7LWpbNTcsynIkynwbzD1c

Cara Buat Artikel di Blog Pakai HP Android

Panduan membuat posting artikel maupun produk di blog pribadi melalui handphone…

BLANTERLANDINGv101
2213316028097768920

Cara Buat Artikel di Blog Pakai HP Android

24 Jan 2022

Pengantar

Buat Anda yang telah memiliki sebuah blog pribadi, saat ini semakin mudah dalam membuat artikel untuk diunggah ke blog hanya memakai handphoe android yang Anda gunakan sehari-hari. Jika Anda belum membuat/memiliki sebuah blog, silahkan baca atikel saya (klik) yang bejudul: Cara Bikin Blog Gratis Melalui Handphone Dengan Mudah.

Cara Buat Artikel di Blog Pakai HP Android

Dengan menggunakan handphone android untuk membuat artikel di blog, Anda kini mudah meng-update blog kapan saja dan dimana saja. Sehingga me-maintenance sebuah blog kini tidak lagi menjadi beban dan tidak harus punya waktu khusus dan tidak harus selalu menggunakan laptop. Dimana saja dan kapan saja Anda memiliki ide untuk diposting di blog Anda, bisa secara mudah Anda lakukan sepanjang ada sambungan internetnya.

Untuk bisa memposting sebuah artikel maupun posting produk yang mau Anda promosikan, anda harus menginstal aplikasi Blogger dari Google Play ke dalam hape Anda. Silahkan klik tautan ini untuk mendownload dan instal : Aplikasi Blogger untuk Handphone Android.

Tahapan Membuat Posting di Blogger

*Jika gambar ilustrasi di bawah ini kurang jelas, silahkan di klik/tap pada gambar untuk memperbesar gambar.

1. Buka aplikasi Blogger yang telah Anda instal di handphone android Anda. Gunakan email gmail Anda jika diminta untuk log in. Dan jika ada permintaan izin akses, klik saja izinkan.

2. Klik/tap ikon atau gambar pensil di kanan bawah seperti yang ditunjukkan tanda panah pada Gambar 1 di bawah ini.

Gambar 1

3. Silahkan lihat Gambar 2 di bawah ini. Pada nomor 1 adalah tempat Anda mengetikkan judul artikel. Kemudian pada nomor 2 bisa Anda tulis dulu label/kategori posting yang akan Anda buat misal; Artkel, Produk, Kerajinan Lokal, dan sebagainya. Jika memiliki lebih dari satu label/kategori, maka pisahkan tiap label dengan tanda koma. Tap pada area nomor 3 untuk memulai membuat isi artikelnya.

Gambar 2

4. Ada baiknya jika Anda menfoto sebuah benda atau pemandangan sebagai ilustrasi artikel yang akan Anda tulis.  Jadi gambar/foto yang Anda gunakan pada artikel adalah asli dan tidak khawatir terkena pelanggaran hak cipta. Jika Anda ingin jualan melalui blog, bisa menfoto produk yang hendak Anda tawarkan. Lihat tanda panah pada Gambar 3 di bawah ini. Ikon kamera untuk mengambil gambar secara langsung dan ikon picture (sebelah kanan ikon kamera) untuk mengambil dan memilih gambar/foto yang Anda simpan di galeri handphone Anda.

Gambar 3

5. Misalkan Anda memilih ikon kamera untuk mengambil foto secara langsung sebagai ilustrasi artikel. Selesai pengambilan gambar jangan lupa tap centang hijau dan tunggu proses foto diunggah ke blog. Seperti yang nampak pada Gambar 4 di bawah ini.

Gambar 4

6. Setelah gambar/foto terupload jangan lupa tap centang hijau di kanan atas seperti pada Gambar 5 di bawah ini. Setelah itu mulailah mengetik artikel atau mengetikkan keterangan produk selengkap mungkin.

Gambar 5

7. Setelah Anda selesai menulis artikel atau selesai membuat diskripsi lengkap tentang produk Anda, silahkan klik tanda/ikon pesawat kertas (lingkaran merah pada Gambar 6 di bawah ini) untuk menerbitkan postingan Anda di blog. Maka secara otomatis posting artikel/produk yang baru saja dibuat akan muncul di blog Anda. Pilihan lain selain langsung mempublikasikan (ikon pesawat kerta), Anda bisa tap iko titik tiga seperti yang ditandai kotak biru seperti gambar di bawah ini.

Gaambar 6

8. Jika ikon titik tiga yang Anda klik/tap, maka ada pilihan: Simpan sebagai draf dan Hapus. Lihat tanda panah pada Gambar 7 di bawah ini. Jika Anda pilih 'Simpan sebagai draf' maka artikel Anda akan disimpan dan tidak dipublikasikan. Anda bisa melanjutkan artikel tersebut kapan saja, mungkin ada yang ingin Anda tambahkan baik foto maupun keterangannya pada lain waktu. Jika opsi 'Hapus' yang Anda pilih, maka artikel yang baru Anda buat akan dihapus/dibatalkan.

Gambar 7
Baca juga: Cara Termudah Untuk Bisnis Mikro Eksis Di Dunia Digital Bagi Yang Gagap Teknologi

Penutup

Demikianlah cara memposting atikel di blog pribadi melalui handphone android yang Anda gunakan sehari-hari. Sebuah blog pribadi, handphone android, aplikasi blogger yang terinstal dan pulsa internet, semua ini bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk dan usaha Anda sebagai pelaku UMKM. Dengan rajin promosi di internet, diharapkan usaha Anda lebih cepat dikenal dan memperoleh pelanggan lebih luas.

Terimakasih sudah membaca artikel diatas, semoga bermanfaat dan kurang-lebihnya saya mohon maaf.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang