Persiapan yang Diperlukan Ketika Mau Membeli Mesin Bordir Komputer

Pendahuluan

Banyak usaha bordir yang ditekuni UMKM terutama yang masih menggunakan mesin manual dimana masyarakat biasanya menyebut bordir juki (meskipun mesin yang digunakan belum tentu merek tersebut), memimpikan memilik sebuah mesin bordir komputer.

Kita bisa memulainya dengan membeli mesin bordir jenis portable terlebih dulu, atau langsung membeli mein bordir komputer yang lebih besar. Sesuai budget yang telah anda siapkan. Jangan khawatir jika Anda tidak bisa memakainya, karena biasanya pihak penjual juga akan melakukan trainig untuk pembeli agar bisa mengoprasikan mesin bordir komputer yang telah dibelinya. Karena memang harga sebuah unit mesin bordir komputer lumayan mahal, bisa jutaan sampai ratusan juta.

Persiapan yang Diperlukan Ketika Mau Membeli Mesin Bordir Komputer

Namun beberapa mesin bordir yang beredar dipasaran, khususnya mesin bordir besar/kelas industri merupakan mesin bekas pakai dari luar negri. Jika menginginkan yang 100% baru, bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu dan tentu dengan harga yang jauh lebih mahal. Tapi sesungguhnya soal harga itu relatif, ada kualitas barang...ada harga.

Baca juga: Mengenal Bordir Komputer

Lalu apakah yang harus kita siapkan sebelum membeli mesin bordir komputer?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, saya akan membaginya dalam tiga bagian, yaitu:

1. Persiapkan Tabungan Anda.

Ya...siapkan budget Anda. Meski harga satu unit mesin bordir komputer bisa setara harga sepeda motor, bahkan mobil, tapi pembeliannya hanya bisa dilakukan secara cash. Tidak seperti kita beli motor yang bisa dikredit lewat perusahaan finence.

2. Survey Harga.

Tidak perlu datang ke toko-toko mesin jahit. Bisa Anda lakukan dengan mencari di internet untuk bisa mengetahui tipe dan merek mesin, lokasi toko/penjual dan bahkan sering juga ada video demo-nya. Survei juga perbandingan harganya. Setelah ketemu tipe mesin yang pas dengan kebutuhan Anda, hubungi penjual untuk membuat janji dan kesepakatan-kesepakatan-jual beli lainnya.

Pastikan barangnya ada, atau kalau harus Preorder, kapan unit bisa dikirim juga harus mendapat gambaran yang jelas. Pastikan juga apakah Anda akan mendapat pelatihan dasar atau tidak untuk mengoprasikan mesin yang hendak Anda beli. Dan jangan lupa dengan soal garansi produk, ketersediaan spare part, dsb.

Saya pernah memiliki pengalaman, ketika saya lihat di internet, harga unit mesin yang saya incar tertera 9jutaan. Setelah saya datangi tokonya, sales mengatakan kalau harganya 12juta. Setelah saya minta ketemu langsung dengan bosnya dan menunjukkan iklan yang dia pasang di intenet, hargapun bisa turun...😄

3. Persiapan selanjutnya adalah memiliki komputer di rumah (opsional)

Boleh berupa laptop ataupun komputer PC. Tapi ini bukan syarat mutlak. Mengapa demikian?...begini penjelasannya:

A. Dalam setiap unit mesin bordir komputer sudah dilengkapi beberapa gambar desain bawaan yang bisa Anda gunakan untuk membordir baju, kaos, tas kanvas/kain, sarung bantal, taplak meja dan lain sebagainya. Ada koleksi gambar kartun, bunga, macam-macam huruf bahkan bisa juga bikin tulisan langsung dari mesinnya tanpa bantuan komputer. Anda cukup mengeditnya melalui layar lcd di body mesin bordir komputer. Anda sudah bisa memulai memproduksi aneka kerajinan berhiaskan bordiran memakai mesin bordir komputer.

B. Bagaimana kalau pelanggan minta desain tertentu dan anda tidak memiliki laptop/komputer dirumah? Cobalah berkeliling di kota Anda, karena biasanya usaha-usaha jasa bordir komputer juga melayani pembuatan desainnya dengan tarif terjangkau. Anda cukup membawa flashdisk untuk menyimpan file desain. Desainer bordir profesional mampu membuat file dengan format yang sesuai tipe mesin bordir komputer Anda.

C. Saya memiliki PC atau laptop, tapi saya belum pernah membuat desain bordir menggunakan komputer...bagaimana? Tenang...., ketika Anda membeli sebuah mesin bordir komputer, penjual akan mengajari Anda membuat desain-desain sederhana seperti cara membuat tulisan nama. Anda juga akan diajari mengubah sebuah gambar yang sudah ada, menjadi file desain bordir secara mudah. Misal anda mendownload sebuah logo dari internet, secara mudah gambar tersebut bisa diubah ke dalam format gambar bordir hanya dalam beberapa menit. Siapkan buku atau kertas untuk mencatat urutan tata-caranya biar tidak lupa.

Software-saoftware khusus membuat desain bordir yang terbaru, benar-benar membantu pekerjaan Anda jadi lebih mudah. Hanya saja memori laptop atau PC Anda harus besar kapasitasnya. Karena software untuk mendisain gambar bordir bisa berukuran 1/2Gigabyte sampai diatas 2GB. Namun Anda tak usah khawatir, upgrade untuk menambah kapasitas memori laptop maupun PC harganya sudah tidak terlalu mahal. Bawa saja atau panggil teknisi komputer terdekat dan biasanya harga memori sudah sekalian pasangnya. Dan untuk meningkatkan kemampuan Anda membuat desain bordir komputer, banyak tutorial di Youtube yang siap menemani Anda belajar. Putar berulang-ulang sambil dipraktekkan, lama-lama Anda juga akan bisa.

Demikianlah langkah-langkah yang perlu Anda persiapkan sebelum membeli unit mesin bordir komputer. Nomor 1 dan 2 diatas wajib Anda lakukan. Sedangkan nomor 3 adalah pilihan atau opsional. Namun jika Anda ingin bekerja secara profsional dan tidak mau nanggung (setengah-setengah), persiapan nomor 3 pun harus Anda jalankan.

Penutup

Bagi umkm usaha bordir manual, tidak ada salahnya Anda mulai menabung. Mengerjakan pesanan bordiran menggunakan mesin bordir komputer memang lebih efisien, menghemat tenaga dan hasil bordiran bisa seragam untuk pesanan jumlah banyak. Namun tidak selalu hasil mesin bordir manual/bordir juki kalah dengan mesin bordir komputer. Di artikel mendatang saya akan bahas beberapa keunggulan mesin bordir manual. Jadi tidak perlu berkecil hati menghadapi era persaingan usaha bordir saat ini. Silahkan Anda baca (klik) Tiga Keunggulan Mesin Bordir Manual.

Next Post Previous Post
No Comment
Add a comment
comment url