NqRcNaNcMqZbLWZ4Max7LWpbNTcsynIkynwbzD1c

Tiga Keunggulan Mesin Bordir Manual

BLANTERLANDINGv101
2213316028097768920

Tiga Keunggulan Mesin Bordir Manual

30 Nov 2021

Pendahuluan

Mesin bordir manual yang saya maksud di artikel ini adalah mesin bordir yang oleh masyarakat sering disebut bordir juki, walaupun mesin yang dipakai belum tentu merek Juki. Sama halnya dulu orang sering bilang naik honda, untuk menyebut orang yang mengendarai sepeda motor walaupun meek sepeda motornya bisa Yamaha, Suzuki, dan sebagainya. Proses memnordir dengan mesin bordir manual biasanya dimulai dari menyalin pola gambar dari kertas yang sudah ada pola gambarnya (patron) ke atas permukaan kain dengan menggunakan kertas Ribbon (kertas karbon). Kain yang telah digambari pola bordir kemudian dipasang pada alat pemidangan. Tujuannya untuk menjaga permukaan kain tetap rata dan kencang sehingga mudah dalam proses pembordiran. Tanpa alat pemidangan, kain akan berkerut-kerut tidak karuan dan juga berbahaya bagi tukang bordir karena tangan bisa terkena jarum mesin bordir.

Tiga Keunggulan Mesin Bordir Manual

Keunggulan Mesin Bordir Manual

Ada banyak keunggulan mesin bodir manual ditengah derasnya persaingan usaha-usaha serupa yang sudah menggunakan mesin bordir komputer. Tetapi saya hanya ingin merangkumnya dalam tiga hal yang saya pandang paling pokok. Tiga keunggulan tersebut adalah;

1. Tidak memerlukan modal yang telalu besar untuk memulai usaha jasa bordir.

Hal ini sangat cocok bagi calon pelaku UMKM yang ingin merintis usaha bordir dan memiliki keterbatasan modal untuk memulai usaha. Harga mesin bordir manual yang baru ada dikisaran 3jutaan. Dan jika membeli mesin bordir bekas bisa berada dikisaran sejutaan, tergantung kondisi dan merek mesin. Modal utama usaha bordir manual adalh skill manusianya. Anda harus banyak berlatih, banyak praktek untuk bisa menghasilkan bordiran berkualitas tinggi. Jika di kota Anda tidak ada tempat-tempat kursus, anda bisa mendaftar ke balai latihan kerja (BLK) milik pemerintah di kota Anda. Atau bisa juga belajar dari Youtube. Seperti contoh video dibawah ini:

2. Karya bordir manual yang berkualitas memiliki harga yang tinggi.

Bisa kita ibaratkan dengan karya sebuah batik, batik tulis memiliki harga lebih tinggi dibanding batik cap maupun batik printing. Karena hasil bordir manual itu unik dan tidak sama dengan yang lain, para pelanggan dari kalangan atas lebih menyukai busana dengan bordir manual. Meeka akan menghargai karya Anda sepadan dengan kerja keras Anda. Disiniah Anda haus pintar membidik pangsa pasar yang potensial untuk menjadi pelanggan setia Anda.

3. Lebih efisien dalam beberapa hal pengerjaan jenis bordiran.

Saya gambarkan seperi ini; bebeapa tahun lalu ada seseorang yang tengah menempuh pendidikan di sebuah sekolah mode di Singapore. Dia mengirimkan baju setengah jadi untuk diberi lukisan bordir. Rencananya baju tersebut akan diikutkan di sebuah lomba rancangan busana di Singapore. Tempat-tempat jasa bordir yang menggunakan mesin bordir komputer banyak yang menolaknya. Dia menemukan profil saya di internet, dan menghubungi saya. Nego harga tidak telalu berbelit karena dia ikut saja dengan harga yang saya tentukan. Saya mengerjakannya hanya dalam waktu bebeapa jam saja menggunakan mesin bordir manual. Dan hasilnya, dia memenangkan lomba tersebut dan diliput bebeapa majaah di Singapore. Beberapa perancang busana lebih menyukai menggunakan jasa bordir manual untuk karya-karyanya.

Baca juga: Mengenal Bordir Komputer

Jadi bordir manual lebih efisien untuk pengerjaan pesanan busana satuan. Satu motif bordiran untuk satu model baju. Sedangkan mesin bordir komputer meang digunakan untuk mengerjakan beberapa pesanan dengan hasil bordiran yang seragam.

Dengan mesin bordir manual Anda juga bisa mengembangkan karya-karya unik lainya. Tidak melulu hanya mengerjakan baju bordir. Anda bisa membuat beragam tas kanvas dengan hiasan lukisa bordir misalnya. Jangan membuat tas blacu dengan hiasan bordir, sayang dengan kemampuan bordir Anda karena umumnya tas dari bahan blacu berharga murah. Tas blacu lebh cocok disablon. Tapi Anda bisa memproduksi baju-baju dari kain blacu dengan sedikit hiasan botdir. Busana ini sangat digemari oleh orang-oang yang suka tampil simple dan santai.

Kesimpulan

Sebenarnya setiap alat/mesin yang kita gunakan baik itu mesin bordir manual maupun mesin bordir komputer yang lebih modern, masing-masing memiliki keunggulannya. Kembali pada faktor sumber daya manusianya itu sendiri. Lagipula boleh dikata hampir tidak ada pesaingan antara pengusaha jasa bordir manual dengan pengusaha jasa bordir komputer, karena masing-masing punya pelangggan dengan karakteristik tersendiri.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang