Mengenal Bordir Komputer

Pendahuluan

Perkembangan usaha bordir beriringan dengan perkembangan industri di bidang fashion. Tidak jarang model-model baju yang dikombinasikan dengan bordiran berharga mahal karena dipandang lebih elegan. Untuk bisa memproduksi baju-baju dengan hiasan bordir dalam jumlah besar dengan kualitas bordiran yang konsisten, diperlukan  mesin bordir yang canggih.

Mesin Bordir Komputer

Adalah mesin bordir hasil pengembangan dan penyempurnaan mesin-mesin bordir sebelumnya yang masih bersifat manual. Mesin bordir yang telah mengalami revolusi teknologi dengan sentuhan komputerisasi sehingga bisa bekerja secara otomatis sesuai program yang telah dibuat sebelumnya. Mesin ini terbagi dua bagian dari satu-kesatuan unit. Bagian mesin jahit dan bagian peralatan komputerisasinya yang terdiri dari rangakaian elektronik dilengkapi kemampuan menyimpan program software desain bordir

Jenis Mesin Bordir Komputer

Berdasarkan ukuran dan kemampuannya, saya membagi menjadi 4 jenis:

1. Mesin Bordir Komputer Portable

Jenis mesin bordir komputer paling kecil. Mudah dibawa atau dipindah-pindahkan karena bobotnya yang ringan dan bentuknya yang ringkas (kompak). memiliki satu jarum sehingga jika desain bordirnya memiliki banyak warna, kita harus menggonta-ganti warna benangnya. Jenis mesin ini juga bisa dipakai untuk menjahit biasa, membuat lobang kancing, jahit pasang kancing, semi obras, membuat jahitan motif/jahit hiasan, dan masih banyak lagi kemampuannya.

Video mesin bordir komputer layar sentuh klik logo dibawah ini:
Mesin Bordir Komputer Layar Sentuh

2. Mesin Bordir Komputer Fixed Kecil

Ukurannya lebih besar dibanding mesin bordir komputer model portable. Ada yang model satu kepala dengan 6, 9, 12 jarum. Ada yang model dua kepala dengan 12 jarum di setiap kepalanya. dengan 6, 7, 9, 12 jarum (bahkan lebih) membuat kita tidak perlu mengganti benang setiap terjadi perpindahan warna sesuai warna desain/gambar. Kita tinggal memasang warna benang sesuai urutan nomor jarum seperti urutan yang ada dalam gambar desainya. Benang pun bisa terpasang ke lobang jarum secara otomatis, juga ada pemotong benang otomatisnya. Alat ini hanya khusus untuk membordir, tidak bisa untuk menjahit baju dan sebagainya.

3. Mesin Bordir Komputer Fixed Besar

Biasanya satu unit terdiri dari 6 atau 12 kepala. Dan satu kepala terdiri dari 12 jarum. Cocok untuk produki masal. Hampir semua kemampuan mesin bordir kmputer Fixed kecil, ada di unit mesin ini. Panjang alat bisa mencapai 6 meter, bahkan lebih. Jadi perlu ruangan khusus untuk menempatkan mesin bordir komputer Fixed besar.

4. Mesin Bordir Komputer Fixed All in One

Maksudnya apa nih? Ya mesin bordir komputer Fixed besar dengan kemapuan komplit. Selain membordir, juga bisa sekaligus dikombinasikan dengan bordir model rante (bordir timbul) dan juga kemampuan melubangi bordir kerancang secara otomatis, dalam satu kali proses pengerjaan. Saat ini jenis mesin bordir inilah yang paling mahal.

Next Post Previous Post
No Comment
Add a comment
comment url