ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Apa Yang Bisa Kita Lakukan Ketika Kode Verifikasi Google Bisnisku Tidak Kunjung Datang?

26 Nov 2021

Supaya Anda para pembaca blog ini tidak gagal paham dengan tulisan dibawah ini, ada baiknya Anda membaca dulu artikel saya yang berjudul (klik): Cara Verifikasi Google Bisnisku.

Apa Pentingnya Memverifikasi Google Bisnisku?

Sangat penting! Itu jawaban singkatnya. Penjabarannya seperti ini, kalau akun/profil google bisnisku sudah terverifkasi, itu artinya google mengakui kalau profil bisnis tersebut sah milik Anda. Orang lain tidak dapat mengedit maupun melakukan klaim kepemilikan. Tapi ini jugabelum tentu mutlak seperti itu. Misal Anda yang bukan siapa-siapa nekat mlakukan klaim pada sebuah perusahaan besar di dekat Anda. Dan perusahaan besar itu tidak terima, maka perusahaan tersebut bisa melaporkan dan mengajukan banding ke google dengan disertai bukti-bukti yang valid. Mungkin tidak hanya itu, perusahaaan tersebut juga bisa menyeret Anda ke ranah hukum dengan berbagai tuduhan, misalnya penipuan, pemalsuan, pencmaran nama baik dan sebagainya. Plus jeratan UU ITE siap melingkar di leher Anda. Oleh karena itu janganlah sahabat netizen melakukan kekonyolan semacam itu, mengklaim bisnis yang bukan miliknya, sekalipun hanya sekedar iseng.

Ciri Google Bisnisku yang Terverifikasi

Google Bisnisku yang telah sah punya Anda biasanya ditandai dengan:

  • Notifikasi/pemberitahuan melalui email yang terkait dengan google bisnis Anda.
  • Pada dasboard google bisnisku juga ada tulisan terverifikasi.
  • Ada tanda centang biru pada profil Google Bisnisku milik Anda.


Cara menverifikasi google bisnisku sudah saya bahas di artikel sebelumnya, jadi tidak perlu saya mengulang lagi. Mari kita lanjut untuk menjawab pertanyaan seperti yang tercantum pada judul artikel ini.

Apa yang harus Dilakukan Jika Kiriman Kode Verifikasi Tidak Kunjung Datang?

Saya memiliki beberapa akun yang terkait pada beberapa profil google bisnisku di lokasi yang berbeda-beda. Karena saya sering dimintai tolong teman-teman UMKM yang masih gaptek untuk mengunggah usahanya di Google Bisnisku. Berdasarkan pengalaman saya yang pernah kebingungan menunggu kiriman kartu pos dari google yang berisi kode verifikasi, ditunggu berbulan-bulan enggak datang-datang. Entah google tidak mengirimnya, entah sudah dikirim tapi nyangkut kemana, saya juga tidak tahu. Hampir setiap bulan saya klik minta dikirim kode verifikasi melalui kartu pos. Sampai atikel ini saya tulis, belum pernah melihat karto pos yang dari google itu seperti apa.

Baca juga: Cara Verifikasi Google Bisnisku.

Namun sambil menuggu kiriman kartu pos dari google, saya rajin meng-update profil Google Bisnisku. Mengunggah foto produk, meng-update jam buka dan jam tutup. Menandai sebagai libur ketika hari-hari besar/tanggal merah. Merevisi keterangan produk, dan sebagainya. Hal seperti itu mungkin berlangsung hampir enam bulan, bahkan bisa lebih. Sampai saya bosan menunggu kartu pos kode verifikasi dari google. Dan saya pun melupakannya alias tak lagi berharap.

Centang Biru

Sampai pada suatu hari ketika saya ketikkan nama usaha, saya di google pencarian...dan...amazing! Saya mendapati profil Google Bisnisku di hasil pencarian sudah tercentang biru.
Barangkali karena kebiasaan saya dulu, paling tidak seminggu sekali memperbaharui info di Google Bisnisku. Rajin mengunggah foto produk dan lain sebagainya. Termasuk merespon pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung. Itulah pengalaman saya yang mungkin cara-cara diatas bisa Anda coba juga.

Terimakasih telah membaca artikel tentang apa yang bisa kita lakukan sambil menunggu kode verifikasi Google Bisnisku , kurang lebihnya saya mohon maaf.

Share This :
Java Harmony

I am a creative MSME practitioner at clothing, screen printing, embroidery, canvas bags, art and digital design. Live in Yogyakarta.

0 comments