Cara Verifikasi Google Bisnisku

Cara Verifikasi Google Bisnisku. Artikel ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yang berjudul (klik): Google Bisnisku, Cara Mudah untuk Jualan Online Bagi UMKM. Silahkan Anda baca dulu dengan mengklik tautannya, supaya Anda lebih mudah memahami apa yang saya sampaikan melalui tulisan di bawah ini.

Cara Verifikasi Google Bisnisku

Membuat Google Bisnisku Semudah Bikin Akun Facebook.

Sejujurnya saya malas menjelaskan secara terperinci tata urutan membuat akun Google Bisnisku. Karena khawatir Anda akan menilai bahwa membuat akun usaha di Google Bisnisku itu rumit bin ribet. Jika Anda memerlukan  panduan urutan dalam membuat akun Google Bisnisku, bisa Anda cari di google. Banyak sekali para Blogger yang telah menuliskan tutorialnya.
Berdasarkan pengalaman membimbing secara langsung melalui pelatihan-pelatihan UMKM go online, banyak yang mngaku gaptek (gagap teknologi). Tapi realitanya sehari bisa berkali-kali update status di medsos, bercakap-cakap melalui messenger, mengomentari status teman, stalking medsos gebetan dan sebagainya. Mau makan....foto dulu makanannya terus upload ke Fb. Bahkan selama makan pun sambil mengintip siapa yang berkomentar, siapa yang nge-like, dsb.

Bermain google bisnisku bahkan nggak seribet bemain Fb. Jika facebook sudah jadi mainan Anda sehari-hari, saya yakin Anda juga bisa membuat akun google bisnisku untuk keperluan eksistensi dan perkembangan usaha Anda dimasa mendatang. Pada intinya tetap sama seperti di Fb. Di google bisnisku hanya memerlukan email, mengisi nama usahanya, menuliskan alamat lengkap dan menggeser pin (seperti gambar balon warna merah) untuk menentukan posisi yang tepat di peta google (google map), menuliskan nomor hape Anda yang terhubug dengan whatsapp. Setelah itu upload foto produk dan beri keterangan yang menjelaskan detail tentang produk Anda. Mengatur hari dan jam buka-tutup oprasional usaha Anda. Memberi jawaban atas pertanyaan dan ulasan dari orang lain, dan sebagainya.

Sama seperti bikin akun media sosial di faebook, cara bikin akun di google bisnisku pun kurang lebih hampir sama saja. Anda juga bisa melengkapi foto profil dan foto tempat usaha seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Apa Yang Bisa Kita Lakukan Ketika Kode Verifikasi Google Bisnisku Tidak Kunjung Datang?

Akun Google Bisnisku Milik Anda Bisa Diedit Orang Lain?

Nah...sekarang kita masuk pada inti permasalahan yang dibahas di artikel ini. Setelah Anda menyelesaikan pembuatan akun Google Bisnisku dan melengkapi profil bisnis Anda, orang lain bisa mengedit, bahkan mengklaim atas profil bisnis yang Anda buat. Lho?? koq bisa begitu?. Iya...Ketika Anda telah menyelesaikan pembuatan google bisnisku, Anda belum memiliki otoritas penuh atas profil bisnis Anda. Orang lain bisa melakukan perubahan sebagian atas profil yang sudah Anda bikin.
Kerena itulah google bisnisku meminta Anda untuk melakukan verifikasi yang menguatkan kalo Andalah pemilik dari profil bisnis yang telah Anda buat.

Alurnya seperti ini:

  • Anda menyelesaikan pembuatan profil bisnis di google bisnisku.
  • Kemudian google akan meminta verifikasi kepemilikan profil google bisnisku dengan menawarkan dua opsi:
  1. Ditelepon langsung oleh google. Jika opsi ini yang Anda pilih maka Anda harus menuliskan nmor telepon tetap/telepon kabel, buka nomor handphone. Telepon kabel itu telepon jadul dari Telekom yang biaya langganannya ditagih setiap bulannya. Alat komunikasi yang lazim digunakan sampai era awal 2000an. Jika Anda masih memiliki telepon jenis ini, pilih opsi yang pertama ini.
  2. Kode verifikasi dikirim melalui kartu pos oleh google Ke alamat yang sudah Anda tulis ketika bikin google bisnisku. Masukkan kode yang telah Anda terima ke kolom verifikasi....klik verify Now (Verifikasi Sekarang).
  • Maka akun google bisnisku sudah jadi milik Anda dan Anda memiliki otoritas penuh atas profil bisnis Anda di google.

Lalu bagaimana kalau kita belum mendapat kode verifikasi? Atau kita sudah menunggu lama tapi kartu pos kiriman dari google tidak datang-datang?....Apa yang harus kita lakukan??
Pertanyaan diatas akan kita bahas dalam artikel selanjutnya yang berjudul (klik): Apa Yang Bisa Kita Lakukan Ketika Kode Verifikasi Google Bisnisku Tidak Kunjung Datang?

Next Post Previous Post
No Comment
Add a comment
comment url