ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Google Bisnisku-Cara Mudah untuk Jualan Online Bagi UMKM

24 Nov 2021
Artikel dengan judul Google Bisnisku, Cara Mudah untuk Jualan Online Bagi UMKM, ini menyambung artikel sebelumnya yang bisa anda baca terlebih dahulu dengan judul (klik): Cara UMKM Kuliner Bertahan dan Berkembang di Era Digital Pasca Pandemi covid 19.

Ok kita lanjut pembahasan mengenai UMKM yang harus mengikuti arus tuntutan jaman yaitu UMKM go digital. Lebih spesifik lagi UMKM bidang kuliner (meskipun bidang lain juga bisa,...sama saja caranya).
Mengapa titik beratnya UMKM bidang kuliner? Karena banyak temen-temen saya yang punya warung makan dan tidak ikut Gofood dan semacamnya. Lalu apa yang harus dilakukan?

Google Bisnisku, Cara Mudah untuk Jualan Online Bagi UMKM

Daftar ke Google Bisnisku

Hah?!....Iya....pakai google bisnisku adalah salah satu cara tepat dan mudah untuk mengembangkan bisnis kuliner UMKM. Gratis dan gampang daftarnya. Nggak pakai syarat tetek bengek. Ini cara termudah untuk mengukuhkan warung makan kecil maupun restoran untuk eksis dan mendapat tempat di dunia maya. Masih bingung?....masih belum paham?...mengapa disarankan pakai Google Bisnisku? Baiklah....saya kasih gambaran seperti ini:

  • Semakin banyak pengguna internet dan mayoritas mengakses internet dari handphone yang hampir selalu ada dalam genggaman kemana-mana.
  • Kecenderungan orang-orang semakin mager (males gerak) dan mengandalkan handphone untuk memenuhi sebagian kebutuhannya, termasuk kebutuhan makan. Ada yang pesan makanan melalui aplikasi pemesanan makan (gofood, grabfood,dsb), namun banyak pula yan mencarinya di google. Banyak generasi sekarang yang sudah melek teknologi dan mencari makanan misalnya hanya dengan mengetikkan menu makanan yang dia inginkan, maka akan tersaji menu makanan dari warung makan dan restoran yang ada di sekitar pemesan. Lho?!...koq bisa semudah itu?!

Begini secara sederhana saya akan berikan alur kerjanya:

Dari Sisi Pemesan

Membuka google, kemudian mengetikkan makanan yang diinginkan misal;
  1. ayam geprek disekitar saya (apabila pemesan sebelumnya sudah mengaktifkan fitur GPS atau akses lokasi yang ada di hape nya).
  2. ayam geprek disekitar jalan tamansiswa kota yogyakarta (apabila pemesan tidak menyalakan fitur GPS atau akses lokasi yang ada di hapenya, pemesan harus menyebutkan/mengetikkan lokasi dia berada saat melakukan pemesanan)

Maka secara otomatis google akan menyajikan menu ayam geprek dari warung makan atau restoran yang terdekat, yang ada di sekelilingnya.
Pemesan akan mengklik gambar menu ayam geprek dan mengklik nomor telpon si penjual, stelah terhubung (biasanya melalui nomor telpon whatsapp) kemudian melakukan pemesanan. Sedangkan pembayaran bisa dengan tiga cara:

  1. Melalui aplikasi/dompet digital pembayaran seperti Ovo, T-Cash dan semacamnya. Jika penjual tidak memiliki dompet digital semacam ini, pembayaran bisa dilakukan melalui cara kedua
  2. Transfer rekening bank. Pemesan bisa mentransfer pembayaran melalui hape (mobile banking) ke rekening penjual. Dan penjual yang punya rekening tabungan di bank juga akan mendapatkan notifikasi tansferan masuk melalui hapenya. Apabila penjual hanya memakai tabungan biasa yang tidak terhubung dengan mobile banking, bisa meminta si pemesan untuk mengirimkan foto/gambar screenshotnya (tangkapan layar) sebagai bukti telah membayar.   
  3. Apabila pelaku UMKM kuliner tidak memiliki tabungan/rekening bank, penerimaan pembayaran bisa dilakukan dengan cara COD (cash on delivery) atau membayar di tempat (penjual mengantarkan langsung pesanannya dan menerima pembayaran secara langsung saat makanan di serahkan kepada pemesan).  

Ehmm...kelihatannya ribet ya?...Yups...jika ditulis dalam kalimat atau diterangkan dengan kata-kata kelihatannya ribet. Padahal dalam praktek sesungguhnya, proses diatas sebenarnya mudah saja....nggak ada yang ribet.


Baca juga: Tiga Kendala Utama Dalam Mendorong Pelaku UMKM Go Digital

Dari Sisi Penjual (sisi UMKM kuliner)

  • Nyalakan GPS/fitur lokasi di hape Anda dan usahakan Anda berada di lokasi usaha Anda biargoogle bisa mendeteksi lokasi usaha Anda lebih akurat. Kemudian buka google dan ketik mendaftar ke Google Bisnisku. Lihat di hasil pencarian paling atas yang ada tulisan Google Bisnisku...klik...tunggu sampai terbuka, kemudian klik Mendaftar. Daftarnya pakai email ya...kalau belum memiliki email, buat dulu emailnya di google.
  • Ketika mendaftar, tiga hal yang harus Anda perhatikan dengan cermat yaitu:
  1. Nama. Bisa anda isi dengan nama Anda atau Nama Warung/Usaha Anda.
  2. Alamat. Tulis secara lengkap alamat usaha Anda dengan lengkap untuk menandai lokasi Anda di peta google (google map).
  3. Nomor Telepon. Tulis nomor telepon yang Anda pakai untuk whatsapp-an.
  • Selanjutnya Anda lengkapi formulirnya dengan mengunggah foto warung/restoran, foto produk berikut keterangan dan harganya. Mengatur hari dan jam buka. Priksa lagi apakah Anda sudah mengisi kolom-kolom formulir seperti yang diminta google bisnisku. Jika dirasa sudah lengkap dan sesuai dengan kondisi usaha Anda, selanjutnya klik Simpan.

Rasanya artikel ini sudah sangat panjang....nanti akan kita sambung di bagian ke 3 yang berjudul (klik): Cara Verifikasi Google Bisnisku

Share This :
Java Harmony

I am a creative MSME practitioner at clothing, screen printing, embroidery, canvas bags, art and digital design. Live in Yogyakarta.

0 comments