NqRcNaNcMqZbLWZ4Max7LWpbNTcsynIkynwbzD1c

Hutan Pinus Mangunan Tempat Refreshing Nyaman dan Murah Meriah di Jogja

Hutan Pinus Mangunan Tempat Refreshing Nyaman dan Murah Meriah di Jogja

BLANTERLANDINGv101
2213316028097768920

Hutan Pinus Mangunan Tempat Refreshing Nyaman dan Murah Meriah di Jogja

30 Des 2021

Pendahuluan

Meskipun Kota Jogja termasuk kota kecil, namun kesibukannya tidak kalah dari kota-kota besar. Jogja tidak lagi seperti dulu lagi dimana ritme kehidupan berjalan slow motion 😅. Sama seperti kota-kota lain, kota pelajar inipun tak luput dari masalah urbanisasi sehingga ritme kehidupan ekonominya pun berjalan lebih cepat dibanding beberapa tahun lalu.  Manusia bergerak dinamis dan serba cepat mengejar pemenuhan kebutuhan ekonominya. 

Lalu kemanakah warga Jogja ingin menghilangkan rasa penat dan menemukan suasana tenang untuk sekedar melakukan refleksi diri?

Hutan Pinus Mangunan Tempat Refreshing Nyaman dan Murah Meriah di Jogja

Hutan Pinus Mangunan

Salah satu tempat favorit saya untuk menyegarkan pikiran dan memulihkan energi adalah pergi ke hutan pinus Mangunan. Suasana yang sejuk, kicau burung liar dan pemandangan indahnya dari atas bukit cukup membawa ketenangan batin dan pikiran. Melupakan sejenak dari rutinitas sehari-hari. Apalagi jika kita berangkat pagi hari dimana jalanan masih lancar tanpa macet dan hutan pinusnya juga masih berselimut kabut sammbil menikmati terbitnya matahari. Tidak memerlukan dana besar untuk menikmati sejuk dan tenangnya hutan pinus. Cukup membayar parkir kendaraan yang dikelola penduduk setempat. Bekal makanan pun bisa Anda beli ketika melewati pasar-pasar tradisional di pedesaan yang sudah ramai dari subuh. Membeli nasi gudeg yang maih hangat dengan bungkus daun pisang juga menjadi ritual saya sebagai bekal sarapan. Dan ingat bekal apapun yang Anda bawa, bungkusnya jangan dibuang sembarangan. Bawa kantong plastik untuk membawa pulang sampahnya.

Lokasi

Tidak jauh dari kota Jogja, jika jalanan lancar hanya perlu waktu 30-an menit ke arah selatan kota Jogja melewati jalan Imogiri Timur. Jalannya menanjak dengan beberapa jurang yang cukup dalam. Motuba tidak saya rekomendasikan. Hutan pinus Mangunan masih berada dalam rangkaian perbukitan Imogiri. Lokasi tepatnya ada di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa melihat peta dibawah ini dan mengakatifkan GPS dan rutenya.

Baca juga: Berkunjung ke Embung Nglanggeran Gunung Kidul Yogyakarta
TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang