ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Gunakan Triplek Dalam Berlatih Melukis Pirografi untuk Menghemat Pengeluaran

16 Jan 2022

Pengantar

Hobi melukis memang memerlukan biaya, bisa butuh biaya banyak atau sedikit, tergantung peralatan dan bahan yang kita gunakan. Melukis dengan teknik pirografi termasuk kegiatan melukis dengan budget yang tidak terlalu banyak. Kita bisa menggunakan solder yang mudah dibeli di toko elektronik dengan harga yang tidak terlalu mahal. Solder inilah yang kita pakai sebaga pena lukis sebagaimana kuas dalam pembuatan lukisan cat. Media lukis pirografi bisa kita gunakan triplek (plywood) yang harganya juga tidak terlalu mahal, bahkan kita bisa gunakan triplek bekas sehingga menghemat pengeluaran.

Cara Buat Media Lukis Pirografi dari Triplek

Triplek atau plywood biasa dijual lembaran di toko-toko besi. Satu lembar triplek berukuran panjang 240cm dan lebar 120cm. Ada juga yang ukurannya lebih kecil, seukuran pintu. Ketebalannya juga bermacam-macam mulai 2mm sampai 6mm. Ketebalan lebih dari itu biasanya kita menyebutnya multiplek.

Dalam membuat media lukis pirografi menggunakan triplek bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Triplek/plywood dengan ketebalan cukup 3mm. Pilih lembaran triplek yang permukaannya berwarna putih/terang. Jangan yang berwarna coklat atau gelap.
  2. Pisau cutter untuk memotong lembaran triplek menjadi lembaran-lembaran kecil. Buat ukuran 20x30cm, 30x40cm atau sesuai selera Anda. Tetapi jangan terlalu lebar karena triplek kalau terkena panas mudah melengkung.
  3. Beri potongan lembaran triplek tadi dengan kerangka/bingkai/frame kayu profil ukuran 1x1cm atau 1x2cm. Kayu profil batangan bisa dibeli di toko-toko besi atau toko kayu. Rekatkan lembaran triplek dengan kayu profil menggunakan lem kayu atau paku kecil atau gun tacker (straples tembak).
  4. Beli pilox clear atau varnish kayu yang bening untuk finishing gambar.

Baca nanti: Pemanfaatan Limbah Kayu Sebagai Media Lukis Pirografi

Gunakan pensil 2B untuk membuat sketsa gambar. Bikin sketsa sedetail mungkin agar ketika Anda menggunakan solder panas untuk menebalkan sketsa gambar tidak perlu berpikir lagi yang menyebabkan penggunaan solder panas jadi terlalu lama. Dengan memuat sketsa yan detail, penggunaan solder tinggal mengikuti sketsa pensil yang ada, lebih cepat selesai dan penggunaan listrik lebih hemat.

Contoh Pirografi di Media Plywood

Berikut ini dua buah contoh melukis pirografi menggunakan media triplek. Satu pirografi murni dan satu lagi contoh pirografi yang diberi warna menggunakan pensil warna.

Mbak Rona dan si Kecil

si cantik Devi Salsabila

Share This :
Java Harmony

I am a creative MSME practitioner at clothing, screen printing, embroidery, canvas bags, art and digital design. Live in Yogyakarta.

0 comments