Bunga Ceplok Piring, Tanaman Pengharum Ruangan

Salah satu koleksi tanaman hias favorit saya adalah bunga Ceplok Piring. Selain bunganya yang indah, bau harum semerbak bikin betah berada di dekat tanaman ini. Bau harum ini makin kuat jika malam hari, sehingga banyak orang awam yang ketika melintas didekat bunga ceplok piring pada waktu malam, merasa ada hantu peri atau ada kuntilanak di dekatnya 👻

Tanaman hias ini tidak terlalu tinggi. Tanaman punya saya tingginya sekitar 1 meter sudah mulai banyak berbunga. Umur pemeliharaannya dari beli bibit sampai berbunga kurang lebih 6 bulan. Daunnya cukup lebat dengan ukuran rata-rata lebar 4-5cm dan panjang 10-12cm. Bunga berwarna putih dengan bentuk mirip bunga mawar. Baik ketika masih kuncup maupun setelah mekar. Lihat gambar di bawah ini.


Bunga ceplok piring mengeluarkan bau harum yang segar, mirip harum bunga melati bercamur harum bunga kenanga dan harum bunga mawar. Tapi keharuman bunga ceplok piring bisa lebih tajam lagi wanginya. Jika terkena semilir angin, bau harum tercium dalam jarak beberapa meter dari tanaman tersebut.
Bunga tahan 3-5 hari setelah mekar sempurna dan setelah itu perlahan-lahan mulai layu dengan tanda di tengah bunga mulai berwarna kuning dan kelopak bunga mulai mengecil dan kering. Seperti terlihat dalam gambar di bawah ini.

Tanaman hias bunga ceplok piring ini sangat mudah perawatannya. Cukup disiram 2 kali sehari (pagi dan sore). Jika barusan terkena hujan tidak perlu disiram. Tanaman ini bisa dibudidayakan dengan cara mencangkok untuk perbanyakan tanaman. Namun tanaman yang masih terlalu muda jangan dicangkok dulu. Paling tidak menunggu batang-batang tanaman sudah agak besar, kira-kira usia diatas 2 tahun baru mulai dilakukan pencangkokan batang. Tanaman ceplok piring yang sehat terawat akan rajin berbunga terus-menerus. Letakkan tanaman di tempat yang cukup terkena sinar matahari sepanjang hari, karena tanaman ini menyukai sinar matahari yang banyak. Letakkan tanaman di dekat jemdela ruangan sehingga tatkala terkena semilir hembusan angin, bau harum akan masuk ke dalam ruangan.

Posting Komentar

1 Komentar