ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Pilih Akun Adsense Bisnis atau Individual?

23 Des 2021

Pendahuluan

Banyak cara untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari kegiatan berinterrnet. Sebagian blogger memanfaatkan program dari google yaitu sebagai penayang iklan. Sedangkan untuk bisa menjadi penayang iklan dari google kita harus memiliki akun google adsense. Dengan demikian pendapatan dari bagi hasil penayangan iklan bisa mencukupi biaya oprasional sebuah blog atau web seperti membeli pulsa internet, biaya listrik, sewa domain dan hosting, dan sebagainya. Namun terkadang kita bingung mau memilih akun adsense tipe individual atau tipe bisnis?

Pilih Akun Adsense Bisnis atau Individual?

Pengertian Adsense

Adsense adalah sebuah program dari google berupa kerjasama periklanan mlalui media internet. Akun adsense bisa dibuat secara gratis dan merupakan salah satu cara yang cukup mudah untuk memperoleh penghasilan dari penayangan iklan dari google disamping konten online yang kita buat. Konten online bisa berupa artikel, berita, gambar,audio, video, game, software, aplikasi dan masih banyak lagi, yang kita buat dan kita upload ke sebuah situs (berupa blog pribadi maupun website).

Jenis Akun Adsense

Adsense memiliki dua tipe akun yaitu tipe akun individual dan tipe akun bisnis. Proses pembuatannya sama saja namun memiliki konsekuensi yang berbeda. Tipe akun bisnis memiliki dua keunggulan yang patut jadi pertimbangan utama Anda, yaitu:

  • Lebih aman dari serangan bom klik. Apa itu bom klik? yaitu tindakan iseng dari oknum tidak bermoral yang membombardir klik iklan di blog kita secara belebihan dengan tujuan agar terjadi masalah dengan akun adsense kita. Akun adsense tipe individual bisa dibekukan oleh google yang berujung pada gagalnya kita memperoleh pembayaran ari iklan-iklan yang telah tayang di blog atau web kita. Tapi kita juga harus optimis bahwa kedepan google kemungkinan besar juga akan menaruh perhatian dari masalah bom klik yang seing menimpa akun individu adsense.
  • Pendapatan bisa lebih optimal. Dari banyak 'rumor' para pemain adsense, pendapatan dari akun adsense tipe bisnis lebih tinggi dari akun adsense tipe individual. Bahkan ada yang bilang bisa sampai 10 kali lipat dari akun tipe individual.

Bagaimana cara memperoleh akun adsense?

Membuat akun adsense itu mudah dan gratis. Beberapa hal yang harus Anda persiapkan adalah:

  1. Memiliki email dari google.
  2. Memiliki blog atau web tempat menayangkan iklan. Bisa Blogger, Wordpress atau yang lainnya.

Setelah Anda memiliki akun email dari google (gmail) bisa langsung mendaftar ke (klik) Google Adsense. Dan klik dibagian mulai/start. Pilihlah tampilan beranda adsense dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah memahami petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh google adsense.

Penting di Perhatikan!

  • Pilihan adsense tipe individual atau bisnis tidak akan Anda dapatkan diawal ketika Anda mendaftar.
  • Setelah mengklik Mulai atau Start dan Anda mengisi beberapa item sesuai prosedur, Anda akan dibawa ke beanda adsense.
  • Perhatikan Menu di beranda adsense (bilah sebelah kiri) dan klik bagian Pembayaran dan klik Info Pembayaran. Isilah data secara lengkap yang ada di bilah kiri. Paling atas ada kelompok Akun Pembayaran (ID akun pembayaran, Nama panggilan di akun pembayaran, Jadwal pembayaran) biarlah terisi otomatis secara default. Gulir ke bawah dan sampai di kelompok Profil Pembayaran.
  • Anda harus cermat mengisi data di kelompok Profil Pembayaran, karena disitulah ada pilihan tipe akun. Sacara default tipenya adalah tipe akun individual. Anda harus klik dan memilih akun tipe bisnis. Jika Anda sudah memilih tipe akun dan mengisi semua formulir dan klik kirim, maka tipe akun yang Anda pilih sudah tidak bisa diubah lagi. Jadi hanya satu kali pilih.
  • Kalau Anda ingin berpindah dari tipe akun individual ke akun bisnis, maka Anda harus tutup akun dulu. Kemudian Anda mendaftar ulang dan memilih tipe akun yang Anda inginkan.
  • Untuk bagian Info pajak Amerika Serikat, bisa Anda lewati dahulu dan diisi lai waktu. Siapkan NPWP yang Anda miliki (bisa NPWP Pribadi atau NPWP Perusahaan) untuk bisa melengkapi formulir pajak.

Kesimpulan

Proses pembuatan akun adsense tipe individual maupun tipe bisnis tata caranya sama, namun memiliki akibat yang berbeda. Memilih tipe akun bisnis atau tipe akun individual sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Share This :
Java Harmony

I am a creative MSME practitioner at clothing, screen printing, embroidery, canvas bags, art and digital design. Live in Yogyakarta.

0 comments