NqRcNaNcMqZbLWZ4Max7LWpbNTcsynIkynwbzD1c

Cara Transaksi Tanpa Rekening Bank Bagi UMKM Go Online

Cara Transaksi Tanpa Rekening Bank Bagi UMKM Go Online.

BLANTERLANDINGv101
2213316028097768920

Cara Transaksi Tanpa Rekening Bank Bagi UMKM Go Online

31 Des 2021

Pendahuluan

Sejak Pemerintah gencar mendorong para pelaku usaha mikro untuk mempromosikan usaha maupun menjual produknya dengan memanfaatkan internet, maka media-media sosial pun makin marak dengan penawaran produk ini-itu dari para pengusaha UMKM. Jika terjadi transaksi yang masih dalam satu daerah/kota, masih tidak ada persoalan. Artinya barang yang dipesan masih bisa diantar/diambil langsung dan penjual menerima pembayaran secara tunai.
Lantas bagaimana cara melalakukan transaksi antar daerah jika salah satu pihak (penjual atau calon pembeli) atau keduanya belum memiliki rekening bank? Mungkin Anda heran dan bisa jadi tidak percaya ini terjadi karena Anda sudah memiliki dan biasa bertransaksi meggunakan rekening bank. Tapi dilapangan kita akan menemukan 'kasus-kasus' diluar ekspektasi kita, terhadap masalah-masalah usaha mikro di kalangan grass root.
Cara Transaksi Tanpa Rekening Bank Bagi UMKM Go Online
credit: arnel-hasanovic-MNd-Rka1o0Q-unsplash
Sejumlah pelaku usaha mikro ada yang belum memiliki rekenig bank, kalaupun ada hanya digunakan 1-2 kali untuk menampung penyaluran bantuan sosial dari pemerintah. Setelah itu buku tabungan hilang, lupa,, tidak pernah diisi tabungannya atau sudah tidak pernah lagi datang ke kantor bank.
Lalu ketika pengusaha mikro dan calon pembeli bertemu di facebook maupun WAG (whatsapp group) dimana keduanya tinggal di provinsi berbeda dan ingin melakukan transaksi jual-beli, apa yang harus dilakukan jika salah satu atau keduanya tidak memiliki rekening?

Manfaatkan Indomaret

Kehadiran minimarket Indomaret hampir ada di setiap kecamatan di Indonesia. Selain untuk kebutuhan belanja, minimarket Indomaret juga bisa kita manfaatkan untuk mengirim dan menerima transfer uang. Mirip seperti wesel pos tronik di kantor Pos. Hanya saja saya remomendasikan Indomaret karena rata-rata buka 24 jam atau setidaknya buka sampai tengah malam.
Lantas bagaimana memanfaatkan keberadaan Indomaret untuk mendukung transaksi online bagi para pelaku usaha mikro? Untuk menjawab pertanyaan tesebut, akan saya uraikan dengan gamblang sebagai berikut;

Dari Sisi Penjual (Pengusaha Mikro)

Meskipun belum memiliki rekening bank untuk bertransaksi, Anda tetap bisa menawarkan produk Anda di media sosial seperti Facebook, Instgram, Google Bisnisku, maupun di group-group whatsapp. Ketika ada calon pembeli yang kebetulan tinggal di daerah/provinsi lain dan berminat membeli jualan Anda, namun belum memiliki rekening, arahkan saja pembayarannya melalui Indomaret.

Misal dalam ilustrasi ini:

Anda sebagai pelaku usaha mikro bernama Bu Siti yang tinggal di Jogja. Calon pembeli bernama Pak Budi, tinggal di Magetan, Jawa Timur
Caranya, sarankan kepada calon pembeli (Pak Budi) yang tinggal di kabupaten lain (Magetan) itu untuk datang ke Indomaret yang paling dekat dengan rumah Pak Budi di Magetan. Sebelumnya Anda (Bu Siti, Jogja) memberikan nama lengkap Anda sesuai nama di KTP dan nomor handphone Anda kepada Pak Budi. Selanjutnya Pak Budi bisa datang ke Indomaret terdekat di Magetan dan langsung saja menuju kasir. Katakan kepada kasir Indomaret di Magetan, kalau ingin melakukan transfer uang. Kasir Indomaret sudah terlatih dan mengerti apa yang harus dkerjakannya. Pak Budi akan diminta memperlihatkan KTP nya untuk dicatat dan akan dimintai nomor hape-nya sebagai pihak yang akan melakukan transfer. Kasir juga akan minta kepada Pak Budi, nama dan nomor hape Bu Siti sebagai pihak yang akan menerima transfer.
Selanjutnya Pak Budi akan mendapatkan PIN/kode transaksi dan juga struk bukti transaksi dari kasir Indomaret. Langkah berikutnya Pak Budi harus segera mengirimkan PIN/Kode yang diperoleh dari kasir Indomaret di Magetan kepada Bu Siti (dikirim melalui SMS ataupun whatsapp). Lebih afdol lagi jika disertakan foto struk bukti transfernya mealaui whatsapp. Setelah Bu Siti menerima PIN dan bukti transefer dari Pak Budi, Bu Siti juga harus segera menuju Indomaret terdekat yang ada di Jogja.
Bu Siti bisa langsung menuju kasir Indomaret terdekat yang ada di Jogja, dan mengatakan keperluannya untuk pencairan uang transfer sambil menunjukkan PIN/Kode yang telah dikirim oleh Pak Budi di Magetan. Setelah Bu Siti Jogja menerima uang dari kasir Indomaret sejumlah yang di transfer oleh Pak Budi Magetan, Bu Siti harus memberi khabar kepada Pak Budi kalau uang transfer sudah diterima/dicairkan. Langkah berikutnya Bu Siti wajib segera memproses pengiriman barang sesuai pesanan Pak Budi di Magetan. Bukti pengiriman barang melalui kurir (JNE, TIKI, atau PT POS) harus diberitahukan kepada Pak Budi di Magetan melalui pesan whatsapp. Transaksi dianggap selesai dengan diterimanya pembayaran dan dikirimnya produk ke alamat pemesan.

Baca juga nanti: Cara Termudah Untuk Bisnis Mikro Eksis Di Dunia Digital Bagi Yang Gagap Teknologi

Dari Sisi Pembeli

Suatu ketika mungkin Anda tertarik pada sebuah produk yang ditawarkan oleh pelaku UMKM baik di medsos maupun di WAG. Tiga hal yang mungkin terjadi:
  1. Jika Anda tidak memiliki rekening, tetapi pihak penjual memiliki rekening bank (rekening Bank BRI misalnya), Anda tinggal mendatangi kantor-kantor unit BRI terdekat untuk melakukan transfer. Kasir bank tetap akan melayani Anda walau Anda belum punya rekening disitu. Anda bisa mengisi slip transfer dan menyerahkan uangnya ke kasir bank.
  2. Anda memiliki rekening tetapi pihak penjual belum memiliki rekening, maka transaksi bisa dilakukan melalui Indomaret maupun wesel tronik di kantor POS terdekat.
  3. Keduanya (baik pembeli maupun penjual) sama-sama belum memiliki rekening bank, maka pembayaran transaksi bisa memanfaatkan Indomaret maupun wesel tronik di kantor POS.
Jika pihak pengusaha mikro belum punya rekening bank, tawarkan kesepakatan untuk melakukan pembayaran melalui Indomaret. Anda bisa datang ke kasir Indomaret terdekat, bawa KTP dan handphone anda untuk dicatat oleh kasir. Beritahukan nama dan nomor handphone penerima transfer, selanjutnya serahkan uangnya ke kasir dan minta bukti pembayaran. Anda akan menerima PIN/kode mealaui SMS dari operator Indomaret. PIN atau kode tersebut harus segera Anda kirim (boleh melalui SMS maupun Chat WA) kepada pihak penjual. Tanpa bisa menyebutkan PIN/Kode yang Anda kirim, penjual tidak bisa mencairkan uang yang telah anda transfer.
Jadi setelah Anda mengirimkan PIN kepada penjual, si penjual akan segera menuju Indomaret yang terdekat dengan rumahnya. Penjual akan langsung menuju kasir dan mengatakan tujuannya untuk pencairan uang. Selanjutnya kasir akan memeriksa bukti PIN/Kode tansaksi/transferannya. Jika tidak ada masalah, uang tersebut bisa dicairkan saat itu juga. Anda tinggal menunggu barang yang Anda pesan dikirim oleh penjual dan sampai ke tangan Anda.
Satu hal yang harus Anda ketahui adalah tansfer uang melalui Indomaret itu tidak gratis. Ada tambahan biaya administrasinya, namun jumlahnya tidak terlalu besar dibanding manfaat yang Anda peroleh dalam melakukan transaksi. Jadi jika Anda hendak mentranfer uang 200ribu misalnya. Anda harus bawa uang lebih untuk membayar biaya administrasinya (kalau dulu biaya adminnya kisaran 5-15ribu rupiah). Sedangkan bagi penerima transfer (si penjual) akan menerima uang dengan utuh tanpa potongan.

Penutup

Demikianlah cara transaksi tanpa rekening. Semoga bisa menjadi alternatif bagi usaha mikro yang baru belajar menapaki dunia internet untuk memajukan usahanya. Cara bayar lewat Indomaret ini juga sering dipakai anak-anak pelajar yang belum punya rekening untuk membeli kaos, hoodie, dan aparel lainnya yang banyak ditawarkan melalui Instagram. Juga para orang tua di daerah yang hendak mengirimkan uang ke anak-anaknya yang sedang menempuh pendidikan di kota Jogja.
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang