ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Mengenal Usaha Bordir

22 Nov 2021

Apa itu usaha bordir?

Sebelum menjawab pertanyaan apa itu usaha bordir dan mengenal usaha bordir lebih lanjut, kita jabarkan dahulu apa itu bordir. Pengertian sederhana bordir adalah sulaman, istilah asingnya embroidery yang berarti menyulam atau embroidered (disulam). Istilah lain dari bahasa Inggris adalah stitching (menyulam). Namun pada umumnya istilah stitching digunakan untuk jenis kerajinan sulam memakai tangan/manual/handmade, tanpa menggunakan mesin.

Mengenal Usaha Bordir

Membordir atau menyulam adalah kegiatan menghias bahan kain atau sejenisnya, dengan membentuk pola gambar, garis, maupun huruf, dengan menggunakan benang, jarum dan pemidangan (alat berbentuk bulat maupun oval terbuat dari kayu, bambu ataupun plastik untuk menjepit kain sehingga membentuk bidang gambar). Jadi usaha bordir adalah kegiatan melayani jasa menghias kain (dan sejenisnya) membentuk pola gambar, huruf/tulisan, maupun perpaduan dari unsur tersebut, menggunakan benang, pemidangan dan mesin jahit. Sedangkan mesin jahit yang diperuntukkan khusus untuk membordir dinamakan mesin bordir.

Perkembangan Teknik Membordir

Menyulam atau membordir pada awalnya masih dilakukan dengan tangan tanpa bantuan mesin. Keudian muncullah teknik membordir menggunakan mesin jahit biasa. Maksud dari mesin jahit biasa disini adalah mesin jahit yang sama untuk menjahit baju. Namun ketika mesin jahit biasa tersebut dipakai untuk membordir diperlukan sedikit pengaturan dan modifikasi mesin jahit. Teknik menjahitnya juga berbeda dengan teknik menjahit baju. Perlu skill dan latihan untuk bisa membordir menggunakan mesin jahit biasa.

Kemudian dibuatlah mesin jahit yang khusus hanya digunakan untuk membordir yang kita sebut mesin bordir. Jika mesin jahit biasa bisa digunakan untuk membordir, tidak berlaku sebaliknya. Mesin bordir tidak bisa digunakan untuk mnjahit baju. Banyak merek mesin bordir seperti Juki, Brother, Sinmaru, Subaru dan lain-lain.

Mesin bordir digerakkan oleh dinamo besar yang memerlukan daya listrik yang besar juga. Mesin jenis ini termasuk mesin high speed dimana perputaran dinamo mesin yang cepat menghasilkan pergerakan jarum jahit yang sangat cepat pula. Hanya orang-orang yang telah terlatih yang bisa menggunakan mesin ini. Perlu belajar beberapa hari sampai beberapa minggu untuk bisa membordir dengan mesi bordir. Sehingga banyak dibuka kursus-kursus membordir .

Mesin bordir komputer muncul menyempurnakan mesin bordir manual. Mesin bordir komputer mulai banyak digunakan saat ini. Selain pengerjaannya lebih cepat juga hasilnya bisa seragam. Tidak seperti mesin bordir manual dimana satu pola gambar hasilnya bisa berbeda-beda walau dikerjakan oleh tukang bordir yang sama. Mesin bordir komputer sangat cocok untuk usaha skala menengah-besar yang menuntut kualitas produk yang seragam.

UMKM Bidang Usaha Bordir

Masih banyak pelaku UMKM yang menekuni usaha bordir di Indonesia. Jenis usaha ini biasanya menjadi penunjang para pengusaha jahit, modiste dan konveksi. Para pengrajin berbahan kain tidak jarang juga memerlukan jasa tukang bordir. Jadi usaha bordir pangsa utama pelanggannya adalah para pengusaha di bidang jahit-menjahit. Sangat jarang menemukan pelanggan pengguna akhir (end user). Ada pengusaha bordir yang masih dalam tahap perintisan dengan modal kecil ada juga yang sudah mapan dengan investasi peralatan yang cukup mahal.

Karena sifatnya sebagai penunjang usaha lain, pengusaha bordir biasanya bekerja siang-malam jika telah memiliki banyak pelanggan. Saya menemukan beberapa tempat di Kota Jogja dimana usaha bordir buka 24 jam dengan sistem sift kerja.
Mengapa bisa seperti itu? Ya karena para pengusaha bordir mengejar date line, memenuhi tenggat waktu dari para pelanggannya. Sedangkan para pelangga usaha bordir yang umumnya pengusaha konveksi, juga dikejar tenggat waktu dari para pemesannya (misal; pesanan korsa, jaket club, tas seminar, dan lain sebagainya). Namun usaha bordir yang buka hampir 24 jam ini telah menggunakan mesin bordir komputer sebagai peralatan utamanya. Diperlukan 1-3 orang sebagai operator mesin dan seorang designer atau programer yang menyiapkan desain pola bordir melalui komputer dengan software khusus.

Kesimpulan

Volume pekerjaan yang membutuhkan jasa tukang bordir masih cukup besar seiring bertambah banyaknya usaha-usaha bidang fashion dan turunannya. Baju, kebaya, kerudung, mukena, tas jinjing, tas seminar dan lain-lain banyak yang membutuhkan sentuhan jasa usaha bordir. Boleh dibilang usaha bordir ini termasuk salah satu jenis usaha yang everlasting, awet dan terus-menerus dibutuhkan masyarakat.

Share This :
Java Harmony

I am a creative MSME practitioner at clothing, screen printing, embroidery, canvas bags, art and digital design. Live in Yogyakarta.

0 comments