NqRcNaNcMqZbLWZ4Max7LWpbNTcsynIkynwbzD1c

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-Bagian 1

BLANTERLANDINGv101
2213316028097768920

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-Bagian 1

28 Des 2021
Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-Bagian 1

Pendahuluan

Cara mempromosikan bisnis dengan efektif dan tidak perlu banyak biaya merupakan keinginan banyak pelaku bisnis. Hampir sebagian besar usaha memerlukan  promosi agar dikenal banyak orang dan mudah mendapatkan pelanggan/konsumen. Sarana untuk berpromosi juga banyak cara, bisa dengan memasang baliho, papan reklame, menyebar panflet, iklan di majalah atau surat khabar cetak, iklan radio dan masih banyak lagi. Salah satu cara cukup efektif adalah mempromosikan profil bisnis di internet sehingga mudah diketemukan para calon pelanggan. Anda bisa memulai promosi usaha secara gratis dengan membuat profil usaha Anda di Google Binisku.

Apa itu Google Bisnisku?

Google bisnisku adalah layanan dari Google yang berbasis internet untuk para pemilik usaha. Layanan ini tersedia secara gratis. Manfaat google bisnisku yaitu memberikan berbagai informasi penting mengenai usaha Anda sehingga memudahkan banyak calon pelanggan menemukan lokasi usaha Anda.

*Catatan: klik pada setiap gambar untuk memperbesar

Bagaimana cara mendaftarkan profil usaha ke Google Bisnisku?

Kebetulan saat artikel ini dibuat, saya juga sedang mendaftarkan profil usaha BLOGYSTYLE ke google bisnisku. Tapi ini bukan kali pertama saya daftar ke google bisnisku. Beberapa tahun lalu saya juga sudah membuat profil usaha di google bisnisku untuk usaha saya yang lain. Anda bisa cek dengan mengetikkan java harmony di pencarian google, maka aka muncul profil bisnis saya di hasil pencarian. Dan profil bisnis Java Harmony sudah terverifikasi di Google Bisnisku.

Tahapan membuat profil bisnis di Google Bisnisku adalah sebagai berikut:

1. Anda bisa mencari sendiri di pencarian google dengan mengetikkan kata; google bisnisku (tanda no.1) dan klik di salah satu hasil pencarian di deretan atas (tanda no.2) seperti gambar dibawah ini.

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 1

Atau bisa juga langsung klik tautan Google Bisnisku

2. Setelah terbuka selanjutnya klik tombol Kelola sekarang, lihat gambar dibawah ini dengan tanda no.3

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 2

3. Akan terbuka gambar seperti dibawah ini dan klik pada bagian Tambahkan bisnis anda ke google (lihat no.4)

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 3

4. Sekarang kita mulai membuat profil bisnis. Isikan nama bisnis Anda (no.5). Untuk mengisi kategori bisnis (no.6) sedikit agak ribet, karena terkadang kategori yang kita inginkan belum tersedia. Jadi pilihlah kategori yang mendekati usaha Anda. Misal Anda mengetikkan kerajinan maka akan muncul beberapa pilihan kategori seperti toko souvenir dan sebagainya. Jangan khawatir, Anda masih bisa mengubah kategori bisnis di lain waktu. Jangan lupa klik Berikutnya.

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 4

5. Sekarang tahap menandai lokasi usaha Anda di peta google (google maps) sehingga memudahkan calon pelanggan menemukan tempat usaha Anda. Tapi sebelumnya saya mau disclaimer dulu, bahwa saat tutorial ini dibuat saya memilih jawaban Tidak, karena memang saya tidak ingin menambahkan lokasi. Alamat/lokasi sudah ada atau terpakai untuk alamat usaha saya yang lain, jadi takut akan menumpuk dalam satu alamat untuk 2 usaha yang berbeda.

Jika anda memilih jawaban Ya (no.7) selanjutnya anda akan mengisi alamat lengkap usaha Anda dan ikon seperti balon merah akan menandai lokasi Anda. Jika masih kurang tepat, Anda bisa menggeser balon merah tersebut ke lokasi yang Anda maksud.

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 5

6. Selanjutnya Anda bisa mengisi area layanan bisnis lokal. Tapi ini hanya opsional atau tidak wajib diisi dan bisa langsung klik Berikutnya. Tetapi jika ingin diisi, tentukan wilayah jangkauan bisnis lokal Anda. Misalnya usaha Anda warung sebuah rumah makan sate kambing di Menteng dan jangkauan layanan pengiriman pesanan hanya di seputar Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. artinya Anda bisa memberikan layanan pesan antar di seputar wilayah yang telah Anda tentukan, baik melalui kurir ojek online maupun Anda atau anak buah Anda yang mengantarkan ke rumah si pemesan.

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 6

7. Selanjutnya pilih Indonesia 👇

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 7

8. Selanjutnya isi nomor telepon (no.10), bisa diisi nomer Hp atau telpon tetap/telepon kabel. Saran saya pakai nomor hape saja biar lebih mudah dipakai komunikasi di internet. No. 11 diisi alamat situs/website atau blog jika Anda sudah memiliki. Kalau saya, saya isi dengan alamat situs blog ini yaitu www.blogystyle.com. Jika Anda belum memiliki website, no 11 bisa dikosongkan tetapi jangan lupa beri centang di no.12.

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 8

9. Saya sarankan untuk memilih Ya, supaya Anda bisa memperoleh saran dan masukan dari google bagi bisnis Anda.👇

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 9

10. Langkah berikutnya adalah verifikasi kepemilikan profil usaha yang didaftarka ke Google Bisnisku. Ini salah satu tahapan terpenting, jadi perhatikan baik-baik dua opsi sebagai berikut:

A. Jika Anda memlih verifikasi (sekarang), maka Anda harus mengisi alamat lengkap dan nama kontak yang akan menerima kiriman kartu pos dari google yang berisi 5 digit kode verifikasi. Setelah itu Anda klik lanjut dan selesai untuk sementara waktu di tahap ini. Sebaiknya halaman tersebut Anda bookmark untuk dibuka kembali setelah Anda mendapat kiriman kart pos dari google. Kalaupun di klik lanjut tidak tejadi apa-apa.

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 10
Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 12

Kalaupun Anda refresh halaman, akan muncul permintaan kode verifikasi. Jadi jika opsi verifikasi (sekarang) ini Anda pilih, sebaiknya menunggu sampai google mengirimkan kartu pos berisi kode verifikasi 5 digit.

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 13

B. Apabila Anda menjatuhkan pada pilihan Verifikasi nanti, Anda bisa melanjutkan melengkapi profil bisnis Anda dengan menambahkan foto tempat usaha, foto-foto produk berikut keterangan dan harganya, foto profil atau logo perusahaan, mengatur hari dan jam buka-tutup usaha Anda dan lain sebagainya. Ikuti saja maunya google bisnisku dan karena perintahnya dalam bahasa Indonesia, mudah dipahami, Anda aka bisa melengkapi profil bisnis Anda. Setelah semua lengkap, cari tombol Verifikasi untuk memverifikasi kepemilikan profil bisnis Anda di google.

Cara Promosi Profil Bisnis di Internet Dengan Mudah dan Gratis-gambar 12

Penutup

Pada waktu membuat profil bisnis Java Harmony di google bisnisku, saya memilih melengkapi semua data dan verifikasi saya lakukan belakangan.

Sedangkan dalam tutorial ini saya mendaftarkan profil bisnis BLOGYSTYLE ke google bisnisku, saya ingin mendapat pengalaman yang berbeda dan mengambil langkah verifikasi (sekarang). Jadi untuk sementara langkahnya terhenti sampai disini dan menunggu datangnya kartu pos dari google yang berisi kode verifikasi.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang