Author Profile - JAVA HARMONY

Author Profile

Author Profile

Saya terlahir dengan nama Heru Agung Prajoko sesuai akte kelahiran, KTP, serta dokumen penting lainnya. Meski masih keturunan bangsawan kraton, hanya saya yang tidak pernah memakai embel-embel gelar priyayi. Saudara-saudara saya yang lain memakainya. Semua itu tidak menjadi soal bagi saya. Setelah dewasa, saya meminta ijin sama ibu untuk memakai nama keluarga di belakang nama saya, sebagaimana kebiasaan keluarga Jawa yang telah masuk ke jenjang pernikahan. Nama saya pun berganti menjadi Heru Notodirjo yang hanya berlaku di lingkungan sosial pergaulan, karena memang di KTP tetap nama asli/nama kecil.

Asli berasal dari nJeron Beteng-komplek Keraton Jogja, tapi sudah cukup lama menempati rumah di luar beteng. Sedang rumah eyang/kakek masih kami jaga dan lestarikan sebagai pengingat para leluhur kami. Rumah joglo yang cukup besar, berusia ratusan tahun masih berdiri kokoh di barat Alun-alun Selatan. Hanya Budhe dan anak-anaknya yang tinggal di situ.

Lahir tanggal 23 Juni 1972 dengan zodiak kepiting rebus/Cancer 😁. Sekolah TK dan SD di lingkungan Tamansiswa. Lanjut ke SMPN 2 dan SMAN 5, semua di Jogja saja. Kuliah di Fak Hukum UGM. Kerja ya hanya di seputaran Jogja dan sering berpindah-pindah perusahaan sebagai batu loncatan karir. Sampai akhirnya terdampar di pedalaman Kalimantan dan bekerja di perusahaan tambang batu-bara. Saya suka belajar secara otodidak pengetahuan tentang seni lukis, komputer dan internet. Penikmat hujan, kopi, rokok kretek dan roti bakar.

Mulai menyadari kalau punya kemampuan melukis sejak kelas 3 SMP dimana saya sering mendapat nilai 9 untuk pelajaran menggambar. Sejak saat itu saya mengisi masa muda dengan hobi melukis disamping hobi olah raga seperti lari pagi dan beladiri seminggu 2 kali. Soal bakat menggambar mungkin menurun dari kakek (alm) saya yang seorang juru sungging (juru gambar/lukis) di keraton dan ibu (almh) saya yang seorang pembatik tulis dengan motif asli keraton.

Tahun 2000 saya menikah denga Rr. Yuni Murharjanti Sulistyaningrum Spd. Beliau teman saya waktu SMA. Sampai sekarang dikaruniai dua anak: Rr. Intan Sakti Larasati Devi dan R. Deva Sakti Sedayuaji.
Besok tanggal 14 Juni 2020, genap 20 tahun usia pernikahan kami. Semoga barokah dan langgeng...amin 🙏

full-width