NqRcNaNcMqZbLWZ4Max7LWpbNTcsynIkynwbzD1c

Resolusi Seorang Blogger di Tahun 2022

BLANTERLANDINGv101
2213316028097768920

Resolusi Seorang Blogger di Tahun 2022

3 Jan 2022

Selamat tahun baru 2022 buat para sahabat semua. Hari ini sudah masuk hari ketiga di tahun kembar ini. Biasanya saya membuatr resolusi jelang akhir tahun dan merencanakan hal-hal yag ingin saya capai dan harus saya kerjakan di sepanjang tahun berikutnya. Namun memasuki tahun 2022 saya merasakan sedikit kegamangan, sebab tahun ini saya ingin fokus di dunia blogging dan mulai mengurangi aktifitas lainnya.

Resolusi bukan terletak pada akan tercapai atau tidak, akan dilaksanakan atau justru dilupakan. Resolusi seorang blogger untuk tahun 2022 tetap diperlukan sebagai pedoman mengarungi dunia blogging di tahun yang penuh ketidak-pastian.

Resolusi Saya di Tahun 2022

Resolusi Seorang Blogger di Tahun 2022 Dalam Aktifitas Blogging.

Sebetulnya saya memiliki banyak sekali blog, tapi tidak semua berkualitas. Bahkan terkadang saya berfikir bahwa kegiatan ngeblog ini seperti buang-buang waktu saja. Padahal titik masalahnya hanyalah saya kurang fokus dan tida pandai me-menej aktifitas blogging. Mumpung masih diawal tahun, saya mencoba melakukan banyak pebenahan dan menyusun perecanaan atas aktifitas blogging saya.

Fokus Pada Tiga Blog Utama

Ya...mulai tahun 2022 ini saya akan menfokuskan pada 3 blog utama saya agar kualitasnya meningkat dan banyak memberikan manfaat. Ketiga blog saya tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda.

KLARISAN.com

Klarisan adalah sebuah blog yang saya buat untuk membantu para pelaku usaha UMKM di lingkungan sekitar saya tinggal  Blog ini saya khususkan untuk mempromosikan produk usaha kecil di Jogja dan artikel-artikelnya banyak membahas tentang UMKM.

Blog ini di akhir Desember lalu juga sudah terpasang adsense tipe akun bisnis atas nama Intan sbagai admin utamanya. Ajaibnya meski Intan baru saja mendaftar adsense dengan blog Klarisan-nya juga langsung didaftarkan, kurang dari 24 akun adsense sudah full aprove dan iklan langsung tayang. Alhamdulillah tentunya....paling tidak bikin tambah semangat ngeblog.

JAVAHARMONY.com

Inilah blog yang bagaikan 'lika-liku laki-laki penuh luka-luka'. Blog satu ini tak kunjung menemukan karakternya, mulai dari tempat mencoba/gonta-ganti template, gonta-ganti niche blog, dan beragam eksperimen lainnya.

Sebetulnya blog ini sudah monetisasi, tapi waktu itu saya memakai akun adsense tipe individual. Hasilnya jauh dari kata memuaskan, visitor sedikit, jarang update, postingan ngasal dan sebagainya. 

Jelang akhir tahun lalu, saya menghapus akun adsense tipe individual dan mendaftar ulang akun adsense tipe bisnis atas nama saya sendiri. Dan blog Java Harmony saya hubungkan dengan akun adsense saya yang baru. Dan hasilnya mengalami penolakan untuk pertama kalinya setelah menunggu peninjauan selama beberapa hari. Ada masalah copyright dan low value content. Ya sudah saya ajukan lagi dengan bebeapa perbaikan. Blog Java Harmony mau saya jadikan blog gado-gado biar bisa menulis apa saja dengan leluasa. Tapi tetep ada juga sedikit ciri utama yaitu mau saya jadikan blog untuk dokumentasi seputar aktifitas dikebun muali dari posting tanaman, ternak ayam bangkok, budidaya ikan dan mungkin menarik bagi kalangan penghobi burung kicau adalah dokumentasi saya dalam menangkarkan burung Murai Batu di beberapa kandang.

Kalau blog Java Harmony tetap saya jadikan blog download seperti rencana semuala, rawan kena banned di akun adsense-nya jika nanti sudah di aproved.

BLOGYSTYLE.com

Blogystyle adalah blog lama (2011) yang baru saya aktifkan kembali di akhir November 2021 lalu. Awalnya dulu berupa blog cerita anak-anak. Namun setelah saya beli domain baru kemarin, blog ini mau saya gunakan untuk membangun branding usaha anak saya yaitu distro kaos t-shirt dan aparel anak muda lainnya. 

Blog ini sempat saya daftarkan ke adsense juga dan mendapat penolakan pertamanya beberapa hari lalu. Masalahnya ada di copyright dan konten berbahaya. Bahkan beberapa url langsung dihapus google kaena dicurigai sebagai menyebarkan malware. Tentu saja saya heran, memang beberapa postingan mengandung dowload file, tapi itu sama sekali tidak berbahaya. Yang saya unggah dan saya bagikan untuk di download secara gratis adalah file-file desain untuk bordir komputer. Dan semua itu karya saya sendiri, jadi sebenarnya tidak ada persoalan dengan copyright segala. Dan saya menggunakan program Wilcom untuk mendesain file bordir. Niat awalnya sih baik, menyediakan desain bordir gratis untuk para emak-emak yang memiliki mesin bordir komputer jenis portable. File bordir gratisan ini juga disukai oleh emak-emak bule. 

Blogystyle kembali saya ajukan lagi ke adsense setelah menghapus beberapa postingan yang dianggap tidak memenuhi pesryaratan. Pikiran jahat saya hanyalah sebagai kamuflase biar segea diterima adsense. Kalau sudah diterima, nanti akan diunggah lagi file-file desain bordir untuk bisa diunduh secara gratis.Tapi kalau dipikir-pikir, tidak ada jaminan nanti blog ini tidak akan bermasalah dengan google adsense setelah disetujui. Dan mungkin akan lebih menyakitkan lagi ketika pundi-pundi sudah mulai terkumpul di adsense,...eh tiba-tiba di-banned....kan amsyong..😅

Saat artikel ini ditulis, blog ini sedang menanti hasil peninjauan yang kedua yang sudah berlangsung hampir 3 hari. Kalu diteima ya syukur, kalau ditolak lagi ya sudah nggak papa (sambil..😭)...saya ndak mau ngoyo. Masih bisa kembali ke khittah sebagai blog jualan dan membangun brand. Nggak dapet cuan dari iklan, siapa tau dapetnya cuan dari jualan. Lagi pula file-file desain untuk bordir komputer masih bisa dijual menggunakan tombol buy now di akun Paypal yang saya punya. Banyak koq para emak bule yang pada jual-beli file bordir di Etsy. Hanya saja saya belum bisa ikut gelar lapak di Etsy karena tidak memiliki kartu kredit (tidak cukup kalau hanya modal kartu debit saja). Tapi itu masalah belum terlalu urgennt...entar nyari temen emak-emak bule yang udah sering jualan di Etsy untuk diajak kerjasama.

Penutup

Demikianlah resolusi untuk tahun 2022 yang bekaitan dengan dunia blogging sengaja saya tulis biar gampang mengingatnya. Sebelumnya saya banyak berkutat di studio lukis dan alhamdulillah pesanan lukisan di tahun 2021 kemarin cukup banyak. Dan di tahun ini saya sudah beencana berhenti sementara waktu dari kegiatan melukis. Mungkin hanya sesekali saja jika saya bener-bener punya mood bagus untuk melukis.

Tentu teman-teman blogger juga memiliki resolusi sendiri-sendiri untuk tahun 2022 ini. Apapun itu semoga Tuhan Yang Maha Kuaa menganugrahi kesuksesan untuk kita semua. Aamiin 🙏

Update:

Khabar baiknya...satu jam setelah posting diatas saya terbitkan, sebuah email dari google adsense masuk ke inbox yang menyatakan Blogystyle.com dinyatakan belum siap untuk penayangan iklan dari google alias ditolak lagi...😂 Ya...sudah....males mau mengajukan lagi, pilih plan B yaitu menjadikan blog ini untuk lapak jualan sekalian membangun branding produk saya.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang