Di kampung-kampung terutama di kawasan perkotaan sudah sangat jarang kita lihat burung-burung liar. Burung-burung terutama yang memiliki kicauan merdu banyak ditangkap untuk diperjual-belikan. Bahkan burung-burung kecil seperti Prenjak, Decu, Ciblek, Trotokan dan Kutilang sudah sangat jarang ditemui. Burung liar ini jika dipelihara hanya akan berumur pendek dan mati tanpa ada kesempatan untuk berkembang biak.


Jika Anda ingin piara burung, belilah burung-burung hasil penangkaran seperti Parkit, Love Bird, Kenari, Perkutut dan sebagainya. Kebalikan dari burung liar yang jika dipiara akan stres dan mati, burung-burung hasil ternakan jika dipiara lebih awet karena pakannya sudah biasa bergantung pada pemberian manusia. Jika Anda sudah bosan memeliharanya, bawa ke luar kota dan lepas-liarkanlah. Burung akan cepat beradaptasi dengan kondisi alam sekitar. Sebaliknya, burung tangkapan alam akan sulit dan lama jika beradaptasi dengan lingkungan baru yang sempit di dalam sangkar. Dan tak jarang berakhir dengan kematian.

Menyediakan rumah burung lengkap dengan pakan dan air untuk mandi dan minumnya, merupakan salah satu solusi yang terbaik. Kita tak perlu mengurungnya, menyentuhnya, namun tetap bisa menikmati keindahan bulu dan kicauan merdunya, Burung bisa hinggap kapan saja dan bebas terbang kemana saja.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Dark