Merintis Bisnis Konveksi dan Sablon


Sepanjang tahun 2019 ini saya mulai mengurangi aktifitas di dunia seni lukis pirografi. Meski pesanan tetap datang, tapi saya berusaha untuk membatasinya. 
Ya...mulai awal tahun ini saya putuskan untuk men-support anak-anak yang ingin belajar dan terjun di bidang entrepreneur. Karena saya tidak mau fokus belajar anak-anak jadi terganggu dan mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah (yang selalu masuk ranking 10 besar😊), maka saya harus terjun langsung ikut menangani pesanan-pesanan yang masuk. Sehingga waktu belajar anak-anak tetap terjamin dan waktu untuk menjalani hobi berupa bisnis kecil-kecilan juga bisa berjalan dengan baik dan lancar.



Usaha yang dipilih untuk dirintis adalah bidang konveksi dan sablon. Hal ini karena nggak harus keluar modal banyak, sebab modal peralatan dan mesin-mesin jahit baju sampai bordir komputer telah kami miliki. Meskipun penggunaannya harus berbagi dengan bundanya yang memiliki usaha modiste sejak lama. Sedangkan sablon dipilih karena si bungsu suka banget nge-design gambar. Dia juga ingin punya usaha clothing.



Khusus untuk anak sulung saya, Intan, yang tahun ini lulus SMA dan ingin lanjut ke kuliah (insyaAllah..amin🙏) saya dorong untuk merintis usaha dengan benar. Meski hanya sekala kecil dan berada di sektor informal, tapi soal legalitas pendiriannya saya haruskan ikut aturan yang berlaku, termasuk tertib menyampaikan pelaporan dan membayar pajak. 

Lucu kalo teringat dia datang ke kantor pajak dan masih mengenakan seragam SMA, bikin petugas pajaknya melongo dan setengah heran. Tapi biarlah...meski nominal pajak yang dia bayarkan masih terbilang nggak seberapa karena omsetnya yang juga masih sedikit. Tetapi paling tidak saya ingin menanamkan rasa cinta pada negrinya sejak dini, dan harus selalu ikut aturan yang telah dibuat oleh negara.

Jika Anda kebetulan mampir di blog ini dan membaca artikel ini, dengan segala kerendahan hati saya mohon doa-restu buat anak-anak kami dari para pembaca semuanya 😃

  Intan Devi-owner Jogja Kreatif

Berikan komentar :

Lebih baru Lebih lama
Night Mode