Rumahku Sekolahku, Sekaligus Masjidku

Langkah awal untuk mewujudkan ketakwaan dan surga di rumah kita dimulai dengan mengkondisikan suasana di rumah penuh gairah menimba ilmu dan semangat beribadah kepada Allah.

Dalam surat Al-Mujadilah:11, Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
yā ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt, wallāhu bimā ta'malụna khabīr

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan."

Nabi yang mulia juga bersabda:"Barangsiapa yang meniti jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga."(HR.Muslim)

Oleh karena itu idealnya rumah seorang muslim senantiasa memiliki suasana dan aroma haus ilmu. Tidak ada hari tanpa menambah ilmu. Apalagi menuntut ilmu adalah ibadah dan jalan menuju surga.

Seluruh anggota keluarga harus dikondisikan gemar mencari ilmu. Karena dengan ilmu akidah menjadi lurus, ibadah menjadi benar dan insya Allah akan bermanfaat dalam menjalani hidup ini

Ada banyak cara untuk menjadikan rumah kita sebagai sumber ilmu antara lain; banyak membaca buku, membiasakan dalam keluarga belajar bersama misalnya dengan membaca buku untuk didengarkan bersama keluarga, kemudian mendiskusikannya serta membahasnya sampai paham semuanya. Bisa juga dengan mendengarkan siaran TV tentang kajian agama, kaset-kaset ceramah agama, VCD atau DVD agama, siaran radio tentang ceramah agama dan lain sebagainya. Bahkan sekali-kali diadakan pengajian di rumah sekalian melibatkan tetangga kiri dan kanan rumah.

Rumah juga harus digunakan untuk beribadah bersama keluarga. Laksanakan sholat bersama istri dan anak-anak, seperti qiyamullail. Membaca Alquran beramai-ramai dengan keluarga. Zikrullah selalu dibiasakan dalam keluarga, diteruskan dengan Muhasabah dan menyebut-nyebut nikmat Allah yang sudah dikaruniakan kepada keluarga kita. Sehingga muncul rasa syukur yang dalam kepada Allah dan ini semua akan meningkatkan ketakwaan dalam keluarga.

|*Drs. H. Bakrim Ma'as
credit image:clipart-library.com
[full-post]

Menjadikan rumah sebagai 'sekolah' sekaligus 'masjid' untuk meningkatkan ketakwaan seluruh keluarga.

Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.