Budidaya Tomat Jordan

Tomat Jordan merupakan salah satu jenis tomat  masih dalam golongan tomat  cherry. Berbeda dengan tomat cherry yang ada di pasaran, tomat ini betuknya lonjong warnanya merah mempunyai daging buah yang tebal dengan sedikit biji. Rasanya manis segar cocok sekali dikonsumsi secara langsung atau dijadikan salad. Tomat ini sedang dicoba pembudidayaannya oleh Anisatul Khoiroh, salah satu anggota KWT Sejahtera RW 12-Mujamuju, yang biasa dipanggil mbak Anis. Dan mbak Anis juga yang memberi istilah Tomat Jordan. 

Awalnya pada liburan bulan mei 2017 mbak Anis ziarah ke makam para nabi di negara Mesir dan Jordania. Saat breakfast di hotel tempat menginap,  beliau mencicipi tomat yang disajikan disalah satu menunya. Bentuknya yang imut lucu dan berasa manis, lain dengan tomat jenis cherry yang biasa ditemukan di tanah air yang bentuknya bulat kecil dengan warnanya yang merah juga, tetapi cenderung berasa asam. Tomat cherry lokal cocok untuk campuran membuat sambal.

Kemudian beliau meminta  kepada chef untuk beberapa biji buat dibawa pulang. Setelah kembali ke tanah air dan kembali ke   kota Yogya, biji-biji tomat  tersebut coba disemai dan ternyata berhasil. Tanaman tomat bisa tumbuh subur setinggi hampir satu meter dan berbuah lebat . Sebagai kenangan atas usahanya menyemai tomat  buah tangan saat ziarah di kawasan Timur Tengah, beliau menyebutnya dengan tomat Jordan. Tanaman ini yang sedang dibudidayakan selain jenis tomat yang lain. [ads-post]

Budidaya jenis tomat cherry di Jogja.

Labels:
[facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.