Pasang Surut 'Ngeblog'

Meskipun aktivitas ngeblog itu menyenangkan, namun terkadang bergantung juga sama mood atau suasana hati kita. Disamping ketersediaan luangnya waktu dan ide-ide yang terlintas dalam pikiran. Demikian pula yang dialami admin blog JavaHarmony.com yang akhir-akhir ini mengalami kebingungan yang pada akhirnya malah stagnan. Hal ini disebabkan admin blog menjalankan banyak sekali blog. Akibatnya justru tidak mampu fokus mengembangkan blognya dan merasa jenuh sendiri.

Ini adalah tahun kedua perpanjangan sewa TLD bagi blog Java Harmony. Blog pertama dan utama tapi malah paling akhir menggunakan Top Level Domain dibanding blog-blog admin yang lain. Blog yang template-nya dibikin sendiri meski juga hasil bongkar pasang template2 jadul yang admin temukan. Template ini diadopsi dari semi-amp yang pernah diliris contohblog.com (meski juga bukan yang pertama), widget2 dari tutorialnya arlinadizgn.com dan perbaikan sendiri disana-sini guna meningkatkan performa blog yang powerful.
[ads-post]

Pada akhirnya admin memutuskan untuk 'kembali ke rumah lama' , membangun blog ini sebagai sarana promosi dan mencurahkan isi pikiran, perasaan dan ide-ide. Admin punya blog andalan satu lagi (disamping belasan blog abal-abal) yaitu JogjaHarmoni.com. Blog yang berisi promosi UKM ibu-ibu disekitar admin tinggal. Tadinya admin ingin fokus di blog Jogja Harmoni dan menjadikannya sebagai blog utama, namun setelah dipikir-pikir itu blog bukan milik admin sendiri, tapi juga milik beberapa orang lain, akhirnya admin pilih kembali ke rumah lama...Java Harmony. Kini admin masih punya pe-er yaitu mengajari para ibu-ibu pelaku UKM agar bisa mengisi sendiri blog UKM yaitu blog Jogja Harmoni.

Pasang-surut beraktifitas ngeblog.