Prospek Bisnis Online Via Blog 2016 ?

Beberapa hari lalu seorang teman bercerita kepada saya mengenai nasib akunnya di FB yang di cekal. Akun tersebut menggunakan nama merek/ jenis produk sesuai barang yang dia pasarkan melalui online (dalam hal ini melalui FB). Ternyata dia tidak sendirian, beberapa orang yang menggunakan nama suatu produk dalam akun personal FB nya juga mengalami penertiban. FB, sesuai ketentuan, hanya membolehkan nama orang untuk akun personal di FB. Sedang nama produk/ merek yang dijual lewat fan page, aman-aman saja.


Masalahnya, orang memakai akun personal untuk jualan karena lebih banyak mendapat respon. Sedang yang melalui fan page, respon yang diharapkan sangat kurang. Setidaknya itulah yang dirasakan sahabat saya. 

Akhirnya saya putuskan membuat sebuah blog untuknya di penghujung tahun ini. Ini blog kedua yang saya buat untuk sahabat tersebut. Blog pertama yang dibuat 2 tahun lalu, mangkrak alias tidak terurus. Sekaligus mulai tahun 2016 nanti, saya percayakan kepada sahabat saya itu untuk memasarkan karya-karya lukisan bordir saya, dan saya memilih konsentrasi pada design karya lukis bordir. Silahkan kalau mau lihat disini.

Dengan tidak dibolehkan lagi memakai nama produk untuk akun personal FB, mau tidak mau hanya ada tiga pilihan bagi orang-orang yang ingin belajar/memulai bisnis online: melalui fan page, marketplace (tokopedia, olx, bukalapak, dsb) atau bikin sebuah blog.

So blogger, wordpress, dan jenis blog lain yang sempat redup karena kalah populer dengan medsos semacam FB dan twitter, bakalan naik pamor lagi.

Heru Notodirjo

Seorang Pirografer & Blogger. Bersama sahabat terbaik; LN. Idayani, mendirikan art studio "Java Sketsa; house of pyrography" pada bulan Mei 2017. Dan akhir Maret 2018 mendirikan www.JogjaHarmoni.com untuk promo-online UKM di Kota Yogyakarta.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Instagram