Mau Go Internasional? Lumayan Ribet!

Mungkin diatara teman-teman ada yang ingin jualan secara internasional. Lalu syarat-syarat dasar apa yang harus dipenuhi?

1. Bahasa Inggris. 
Meskipun kita bisa terbantu dengan adanya google translate, tapi tetap harus menguasai grammarnya dulu, dan memahami perbedaan struktur bahasa. Struktur dasar yang sangat berbeda adalah mereka menggunakan M-D, sedang kita memakai struktur D-M. Sebagai catatan, tidak semua orang Eropa dan Amerika Latin mampu berbahasa Inggris.
Demikian juga masalah tenses, minimal 3 simple tenses dulu kita pelajari (simple past, present dan future).

2. Alat Transaksi.
Inilah 'nyawa' jika kita ingin jualan secara go internasioal. Dan mereka umumnya menggunakan Paypal.
Mereka lebih mudah membuat akun paypal karena umumnya bank-bank di negara mereka sudah ada kerjasama. Dan syarat mutlak untuk bikin paypal harus memiliki kartu kredit yang ada logonya Visa ataupun Master Card.

Kartu kredit lokal nggak berlaku untuk verifikasi di paypal. Meskipun bank kita sudah ada kerjasama dengan master card/ visa dalam menerbitkan kartu kredit, tapi ketika membuat akun paypal dengan benar tetap saja harus mengikuti proses yang panjang.


Untuk bisa digunakan bertransaksi secara internasional dalam arti yang sesungguhnya, paypal harus:  
  • Terverifikasi. Banyak orang yang menggunakan VCC dalam memverifikasi paypal. Tapi saya tidak merekomendasikan cara ini. Tetap akan ketahuan!, paypal memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Bikin kartu kredit saja, mudah koq, bawa KTP dan ngisi formulir di bank terdekat tempat Anda menabung. Dan akan dilayani dengan baik pula. Pilih limit yang terkecil, misal limit kartu kreditnya 3 juta.
  • Melengkapi data diri (KTP/SIM/Paspor) dan buku tabungan yang akan Anda pakai untuk mencairkan dana dari saldo paypal ke rekening tabungan. Bisa difoto atau discan dan aploud ke formulir yang telah disediakan. Selama proses verifikasi ini belum lengkap dan selesai, dan ada transaksi/transfer masuk, maka transfer tersebut akan mengendap selama 21 hari.
  • Memenuhi syarat masa tenggang 60 hari dengan minimal 5 kali transaksi tanpa komplain!!
Nnahh..Lho??!!



Sebenarnya bikin akun paypal itu mudah, tapi itu hanya akun paypal untuk berbelanja atau menerima donasi. Tapi setelah bikin...ya nggak bisa untuk apa-apa, karena jika mau belanja, Anda harus mengisi saldo paypal dan mengkonversi mata uang rupiah ke dollar.

Bagi artikel ke :

Artikel terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar