Jualan Di Facebook Fan Page atau Jualan Di Blog ?

Sebenarnya blog dalam hal ini blogger dibuat bukan untuk kegiatan komersil seperti berjualan barang. Melainkan untuk berbagi pengalaman, pemikiran, informasi dan ilmu pengetahuan. Tapi jika kita memiliki produk jasa/layanan, masih bisa kita ngasong di blog dengan cara memberikan informasi tentang layanan / jasa yang kita jual. Tentu melalui pembuatan sebuah artikel. Bisa juga kita jual barang dengan cara membuat artikel tentang keunggulan barang yang kita jual dilengkapi cara pemesanannya.

Beda dengan Wordpress yang memiliki dukungan penuh sehingga bisa mengubah sebuah blog menjadi semacam online store dengan mudah. Plugin gratis semacam itu namanya Woocommerce. Tapi bukan ini yang akan kita bahas.
Alternatif lain untuk berjualan secara online yaitu menggunakan Fan Page di Facebook. Hal ini dibolehkan karena fan page memang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan promo bisnis sekaligus menjalin hubungan dengan para customer-nya / fan / penggemar.

Tingkat kepercayaan antara penjual dengan anggota fan page-nya lumayan tinggi dibanding jika kita berjualan melalui sebuah blog. Karena komunikasi yang terbangun di fan page lebih intens. 
Kelemahannya terletak pada penataan produk yang hendak kita jual. Foto-foto produk jualan tersimpan dalam format album foto. Dan orang kita mayoritas malas membuka album-album foto, terlebih lagi yang hanya berisi jualan.

Sedang berjualan melalui blog lebih dimudahkan dalam hal penataan barang dagangan. Apalagi jika kita menggunakan blog dengan tampilan/ template galeri yang dilengkapi dengan widget/ aplikasi kategori atau label. Pengunjung lebih mudah dalam memilih produk yang kita tawarkan.

Kesimpulan :
- Bikinlah sebuah blog untuk menata produk yang akan dijual dan share ke akun FB Anda.

Saran :
- Sesekali postingan tentang produk jualan, kita share sendiri ke wall di fan page atau di wall akun facebook pribadi kita. Tapi jangan terlalu sering!. Cukup seminggu 1-2 kali saja dan kasih status misal; 'buat sobat yang ingin memilih produk lainnya bisa berkunjung ke blog saya'. 
Tiap blog meski bentuknya standar sekalipun sudah dilengkapi tombol berbagi, kecuali jika tombol berbagi sengaja disembunyikan/ dihilangkan. Dengan tombol berbagi tersebut memudahkan kita menghubungkan antara blog dengan akun media sosial yang kita punya. 
- Sharing produk yang kita jual di blog ke wall facebook kita sendiri. Jika kita juga men-share ke wall orang lain apalagi tanpa ijin, akan mengganggu privacy orang-orang tersebut dan jika banyak yang menandai sebagai spam...tamatlah kita. Facebook memang sedikit arogan. Dia bisa dengan leluasa muncul di laman/ situs lain melalui tombol like atau tombol share. Tapi sebaliknya, jika kita terlalu sering mengirim link/ tautan dari situs lain ke dalam status FB, bisa dicekal karena dianggap spam.

Bagi artikel ke :

Artikel terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

2 komentar:

  1. Tips sederhana yang bermanfaat tentang jualan online di facebook, lalu bagaimana cara menghadapi kompetitor yang menggunakan tips yang sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. simple aja...banyakin jumlah pertemanan di sosmed, barang yg dijual produk sendiri atau jika barang pabrikan ya usahakan harga jualan yg lebih murah ketimbang reseller lain.

      Hapus