Sabtu, 01 Agustus 2015

Membuat Blog yang Baik

     Ada 3 pondasi utama untuk membangun blog yang baik. Tiga hal ini saya rangkum dari pengalaman sendiri yang ingin saya bagi, yaitu:

1. Tampilan.
Banyak orang berpendapat tampilan tidak penting karena visitors tidak begitu memperhatikannya. Faktanya kita akan bertemu tampilan blog terlebih dahulu sebelum membaca isinya. Persiapkan betul tampilan blog dengan berpedoman pada 3 hal prinsip: Rapi, SEO friendly dan Fast loading. Soal warna, gambar background dan asesoris lainnya, itu selera masing-masing dengan mengacu pada 3 hal tadi. Apalagi bikin blog untuk promo atau jualan, tentu tampilan menjadi sangat penting supaya tidak terkesan seperti lapak yang baru kena serbu Trantib.

2. Konten.
Banyak tutorial mengatakan bahwa kualitas konten/ isi blog merupakan hal yang sangat penting. Bahkan ada yang bilang kalau konten blog adalah rajanya!. Saya tidak menyangkal pendapat itu. Masalahnya belum ada parameter yang bisa jadi acuan untuk menilai apakah sebuah artikel itu berkualitas atau tidak. Saya tidak bisa membayangkan seorang master yang menyampaikan tutorialnya dengan gaya puitis berbunga-bunga dan menyusun kode-kode HTML atau scriptnya dengan gaya pantun. Begitu pula sesorang yang menyukai puisi, apakah harus disampaikan secara teknis dan SEO-friendly ala blog-blog tutorial supaya dianggap punya kualitas yang sama dengan blog-blog semacam itu??.

     Sampai sekarang saya belum punya tolok ukur untuk menilai bobot sebuah artikel dan hanya menerapkan azas manfaat saja. Saya menghargai apapun yang disampaikan oleh blog-blog para sahabat dan dengan gaya bahasa apapun sepanjang saya merasa mendapat manfaat positif dari yang saya baca. Jadi tulislah apa saja yang ada dipikiran Anda dan ingin dibagi kepada orang lain yang Anda yakini bermanfaat bagi kebaikan dan kemajuan banyak orang. Mau satu tema atau banyak tema dalam sebuah blog, dipikir nanti-nanti aja. Toh semua akan berproses secara alami. Yang penting menulis dan menulis, setelah sekian artikel nanti juga akan mulai terbentuk jati diri kita. Satu blog bisa disi ratusan sampai ribuan artikel, jadi akan ada saatnya nanti kita mulai menapaki kematangan dalam membuat sebuah artikel.

3. Loading yang cepat.
Sebagus apapun desain blog yang kita tampilkan dan sebagus apapun artikel dibuat, kalau kecepatan loading untuk membuka halaman per halaman terlalu lambat ya malah bikin ngantuk visitor. Pasang widget yang pokok-pokok saja untuk sebuah blog untuk lebih memudahkan visitor  dalam menjelajahi blog kita.

Bagikan ke:

Jangan lewatkan

Membuat Blog yang Baik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 comments

Tulis comments
avatar
Sabtu, 01 Agustus, 2015

Tampilan blog memang perlu, karena kesan pertama dari pengunjung pastilah tampilan blog yang ok. untuk konten saya sih apa yang ada difikirn aja yang saya tulis mas, he..he..

Reply
avatar
Sabtu, 01 Agustus, 2015

Selamat!!hehe...lagi2 mas Achmad sahabat saya yg baik dan memberikan komentar yang pertama kembali stlh blog ini saya rebuild!!. Koment2 sebelumnya terpaksa dihapus krn banyak spamnya dan sebagian lagi ikut amblas bersama artikel2 yg dikomentari dan telah dihapus. Trimakasih atas komentar dan kunjungannya... ^_^

Reply
avatar
Sabtu, 01 Agustus, 2015

Sama-sama mas, rajin blogwalking aja mas, nanti pasti ramai lagi blognya.

Reply

Silahkan beri komentar atau saran. [no spam.. no live link]. Thanks!
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>