Artikel Penghibur Buat Blog Kerajinan


Sebenarnya tulisan ini tak lebih dari sekedar menghibur diri-sendiri. Tetapi bisa juga ditujukan untuk menyemangati blogger-blogger lain yang menjadikan blog kesayangannya sebagai etalase online. Juga untuk para newbie. Saya sering blogwalking dan menemukan banyak sekali #blog kerajinan yang berumur pendek, tidak aktif lagi alias lama tidak di-update. Ciri khasnya:
  • Postingan sedikit
  • Follower sedikit
  • Komentar sedikit
  • Suasana blognya remang-remang alias temaram warnanya
Dengan kondisi seperti itu bisa jadi pemilik blog merasa malas meneruskan aktifitas blogging, merasa membuang waktu percuma dan tidak langsung mendapat hasil dengan cepat seperti yang diharapkan. Blog yang setengah berjualan memang bikin alergi blogger lain. Ada sedikit diskriminatif untuk blog pelaku UKM. Padahal kalau mau jujur baik blog gado-gado, blog tutorial, blog download software-musik-video, selama menampilkan iklan-iklan di kanan-kiri-atas-bawah-tengah--window baru diam-diam muncul di belakang--klik judul keluar iklan--klik lihat disini yang muncul adfly dan tunggu 5 detik--download disini eh yang muncul aplikasi iklan--bahkan nggak mengklik apa-apa pun, iklan nongol dewek dalam bentuk pop up. Itu semua juga jualan Mas Brow!!...cuman dalam bentuk jasa sebagai publisher. Tapi pada bae bakulan!!.

Saya pun pernah merasa minder dengan sedikitnya blogger yang mau mem-follow balik meski saya sudah men-follow kemana-mana. Jumlah pertambahan follower-nya lambat banget, bahkan stagnan. Saya juga pernah sempat merasa galau tingkat dewa dengan minimnya komentar di blog meski saya sudah ngoceh kemana-mana. Langganan via imel? 0 readers!!

Tapi sekarang tidak!! Saya cuek bebek dengan semuanya itu. Yang penting asongan tandas, baik pesanan yg datang dari FB, BBM dan sekarang via G+. Selain ikut pameran-pameran UKM tentunya. Blog tetap dikunjungi pelanggan yang ingin memilih model produk yang mereka inginkan.
[ads-post]
Saya mengidolakan kakak-beradik Elsie Larson dan Emma Chapman yang sejak masih remaja dulu tekun membangun blog untuk produk-produk homemade mereka yang awalnya sangat simpel (jual jepit rambut, kartu ucapan yang digambar sendiri dan barang-barang kerajinan seperti prakarya anak SD). Ini contoh nyata kesuksesan sebuah blog yang dikelola penuh kesabaran.

Kini blog mereka seperti raksasa mesin uang, meski sampai sekarang blog tetap bersih tanpa adsense (halah..mentang-mentang saya pernah ditolak adsense..trus jadi sensi!). Produk-produk UKM lainnya disekitar mereka dijadikan partner, juga karya kerajinan dari blog lain yang titip promo/titip jual di situs mereka. Lengkap dengan gaya hidup yang mereka sebut 'homemade lifestyle'. Makin komplit dengan dekorasi interior, resep masakan dan tutorial lainnya. Tidak ada iklan, tapi mereka menerapkan sponsorship untuk aplikasi-aplikasi foto yang dijual lewat Android Market maupun IOS (dengan minimal pembayaran 900 US$ atau sekitar 12,6 juta rupiah/ sponsor). Dua bersaudara tersebut merekrut 6-7 staff untuk mengawaki situs yang memiliki rata-rata 5 juta visitor perbulan dan diantaranya 1,4 juta unique visitors. Hebatnya lagi para staff juga mendapat liburan musim panas ke luar negri secara gratis alias tanggungan Elsie dan Emma

Banyak blogger craft di Eropa-Australia-Amerika yang menjadikan blog tersebut sebagai penyemangat. Blog yang dibuat oleh Elsie sejak 2007 yang kala itu masih ABG (sekarang sudah menikah). Penasaran? kunjungi aja situsnya dengan meng-klik link-nya diakhir artikel ini. Dan jangan kaget kalau setelah melihat-lihat homemade mereka, Anda akan tersadar bahwa ternyata produk #kerajinan  Indonesia jauh lebih baik!!. Tapi soal perjuangan, mereka lebih survive, tekun dan sabar. Saya masih ingat sempet mengunjungi blognya tahun 2010 ketika Elsie mengajak adiknya memperkuat blog mereka yang lugu, jarang ada komentar dan sedikit follower. Tapi tak ada kamus menyerah bagi mereka. Uniknya, sampai saat ini pun mereka mengaku tetap tidak faham HTML dan CSS, hanya bergantung pada satu staff yang menguasainya yaitu si Phillip yang mulai bergabung sejak tahun lalu.
[ads-post]
So..buat sahabat blogger yang bergerak dibidang yang sama dengan saya (seni dan kerajinan) jangan berputus asa. Semua perlu proses dan setiap proses memerlukan waktu untuk sampai pada kesuksesan yang ingin kita wujudkan. Saling memberi dukungan moral dan menguatkan mental diantara kita pelaku UKM sangatlah penting. Lupakan soal follower yang sedikit, lupakan soal minimnya komentar, fokus menjaring pelanggan potensial lewat jejaring sosial (facebook misalnya), terutama bekas teman-teman sekolah/kuliah dan orang-orang yang kita kenal. Promo dari mulut ke mulut kadang lebih efektif...seperti efek domino.

Sekarang waktunya main ke tempat Elsie dan Emma, jadikan mereka inspirasi dan penambah semangat!. Silahkan klik A Beautiful Mess


Artikel penghibur buat blogger yang lagi galau.

Labels:

Post a Comment

  1. Kalau menurut saya blogwalking dan komentar itu penting, dan banyak pengunjung juga pentng untuk kemajuan blog, namun yang lebih enting menurut saya adalah pengunjung yang datang secara organik dari mesin pencari bukan hasil dari blogwalking.

    ReplyDelete
  2. Awal mula saya membuat blog kemejinget, saya juga berkeinginan menonjolkan produk gari desa saya mas, tapi karena keterbatasan produk lokay yang mau saya pasarkan akhirnya gitu deh jadi amburadul, tapi sebisa mungkin saya tetep akan membawa image desa saya mas, maaf bila ndak nyambung sama artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep bisa nyambung koq Mas...udah tak bawain Lem Alteco hehe..^_^

      Delete
  3. harus rajin ngeblog ya berarti :)

    ReplyDelete
  4. Iya ih, saya lagi males ngeblog ttg dagangan saya karena keasikan pakai socmed & japri2.

    ReplyDelete
  5. informasinya sangat bermanfaat...

    http://primakatalisindo.com/galeri-foto-diklat--bintek-furniture-konsep-industrial--diskop-ukm-kab-pinrang-sulsel-158.html

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar Anda di kolom Blogger bagi pengguna akun Google, atau di kolom Facebook jika Anda pengguna Facebook. Trimakasih.

[facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Java Harmony © 2018
Boxed Full
Boxed Background Image
Main Color
#007ABE
Powered by Blogger.