Alhamdulillah, Performa Blog Mulai Pulih


     Semua blogger tentu menginginkan blog kesayangannya selalu sehat, tidak banyak error dan tampil di halaman depan google search. Demikian dengan blog ini yang telah mengalami banyak masalah dan masuk top 1000 untuk situs yang punya banyak error karena:
  • Pernah menghapus semua artikel (80-an artikel berbahasa inggris, indonesia dan bahasa jawa) yang tidak terkait dengan asongan kami dan bermaksud hanya menampilkan posting 'dagangan' saja. Akibatnya banyak sekali broken links. Kebiasaan ini masih berlangsung hingga kemarin.
  • Pernah menghapus semua komentar karena di tiap posting banyak sekali komentar spam robot, ini kesalahan akibat dulu kami tidak memoderasi komentar dan tidak mengaktifkan captcha.
  • Menjadi korban re-direct post sehingga isi blog secara otomatis tercopy oleh blog-blog lain. Dan sebagian blog-blog tersebut telah dihapus pemiliknya.
  • Seringnya kami berganti-ganti template, tapi masalah ini cuman bersifat sementara saja, 2-3 hari jumlah visitor akan pulih dan bahkan meningkat, tergantung template yang kita pakai SEO friendly apa enggak.

Kini senang rasanya semua masalah sudah bisa teratasi dan isi blog sudah 95% terindeks google dengan jumlah error makin tipis. Blog ini kami jadikan salah satu media promo bagi produk-produk kami. Dan seringnya kami hanya memberitahu nama blog ini yang menjadi kata kunci kepada para pelanggan ketika melakukan googling untuk melihat produk-produk kami. Soalnya jika yang kita beritahukan alamat url-nya, pelanggan sering salah ketik. Tapi gara-gara banyak error di hari-hari kemarin, banyak pelanggan yang kesulitan menemukan blog kami di pencarian google, baik untuk pencarian web google maupun untuk pencarian gambar google. Dan pencarian gambar inilah yang paling penting jika blog kita dimaksudkan untuk mem-promo sebuah produk, seperti #blog kerajinan misalnya.

Bagi pelanggan yang melakukan pencarian melalui Bing dan Yahoo, juga sudah tidak ada lagi kendala untuk pencarian web. Tapi untuk pencarian gambar masih belum di deretan line atas dari hasil pencarian gambar. Kebanyakan didominasi gambar-gambar artikel lama kami (dalam bahasa inggris) yang telah dikopas oleh banyak sekali blog, sedang artikel-artikel aslinya sudah terlanjur kami hapus. 
 

Pelanggan yang biasa mengakses melalui smartphone juga sudah langsam jaya (sebelumnya ditemukan 20-an error untuk tampilan smartphone).

Semoga kesalahan-kesalahan tersebut diatas tidak dialami oleh blogger lain, terutama para newbie supaya tidak banyak waktu yang terbuang.

Permasalahan-permasalahan yang terlihat sepele tapi fatal akibatnya dan butuh berhari-hari untuk melakukan pembenahan. Kapan ganti domain?..hmm itu pertanyaan yang selalu membayang di benak kami. Tapi selagi tampilan blog ini belum stabil dan belum menemukan gaya posting berikut keteraturan update-nya, kami belum begitu terburu-buru. Biarlah matang dulu sebagai blog yang baik, baru dibungkus rapi dengan domain baru....nanti!.

Pentingnya menjaga performa blog untuk memudahkan akses visitor blog.

Labels:
[facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.