Pengalaman Bisnis Online 2

mengikuti bazar lokal
     Artikel ini lanjutan dari posting bagian pertama. Bagi Anda yang belum membacanya silahkan klik di sini. Ok..kita lanjut lagi Mas Brew..

5. BBM dan WA
Dua media online tersebut bisa kami andalkan. Mungkin karena komunikasi yang terbangun juga lebih personal sehingga ada semacam kedekatan emosi. Dari perasaan persahabatan yang lebih dekat dan hangat tersebut secara perlahan terbangun rasa saling percaya. Sehingga tiap saya menjadikan foto produk terbaru sebagai DePe, ada saja respon dan order yang datang. Alhamdulillah!.

6. Situs Jual-Beli
Ada 3 situs jual beli yang kami ikuti sejak sebulan terakhir. Dua dilakukan oleh seorang teman (Tokopedia dan Bukalapak) dan satu saya handle sendiri di OLX. Dua akun yang dibuat teman saya di Tokopedia dan Bukalapak kondisinya memprihatinkan (hicks!). Angka dilihat hanya satu digit!!. Tapi di OLX, angka dilihat mencapai ratusan untuk tiap iklan yang kami pasang. Memang baru 3 item produk yang kami coba aplud, tapi rasa optimis terbangun untuk lebih mengintensifkan lagi promo-promo kami dimasa datang termasuk memanfaatkan layanan premiumnya, mengingat peluangnya lebih terbuka untuk kami. Transaksi hanya soal menunggu waktu saja. Jika kami lebih tekun di OLX, pasti terbangun rasa percaya dari calon konsumen.

7. Bazar dan Pameran
Inilah media offline yang paling ampuh. Kami sering ditugasi baik dari Disperindag Yogyakarta maupun Pemerintahan Kelurahan dan Kecamatan tempat kami tinggal untuk mengikuti berbagai pameran. Jangan meremehkan bazar-bazar lokal, karena kalau di lingkup kecil saja kita gagal, untuk meningkat ke skala lebih luas akan lebih sulit. Promo offline ini juga kami manfaatkan untuk menyebar (baik lewat kartu nama dan leaflat) alamat-alamat situs online kami. Dengan begitu calon konsumen masih bisa melihat katalog produk kami secara online meski pameran sudah bubar dan dimanapun mereka berada. Sejujurnya harus saya akui jika pengakses situs blog kami lebih banyak dari promo-promo offline semacam ini ketimbang orang-orang yang lagi asyik blogwalking trus terpeleset di depan toko online kami. Blogwalking dan koment sana-sini?...udah kami lakukan...ampe terengah-engah malah. Tapi menunggu koment balik rasanya seperti melihat sinetron melodrama (plus pas adegan mengiris-iris brambang/bawang merah)..Ngeres!!

Kesimpulan:
Kesimpulan ini saya khususkan untuk diri saya sendiri, tapi bisa juga Anda jadikan refleksi. Handle-lah sesuai kemampuan sendiri. Saya pernah kemaruk (serakah) dengan ikut di berbagai sosmed. Bahkan pernah ikut di sosmed ajang cari jodoh dengan memakai foto tas bikinan saya untuk foto profil (dan langsung ditendang oleh admin karena tidak sesuai dengan ToS). Akhirnya semua membuat saya merasa letih. Belum lagi kerjaan-kerjaan di dunia nyata jadi sedikit crowded. Saya sudah bertobat dan hanya melakukan apa yang benar-benar bisa saya handle (kecuali bisnis saya sudah besar dan memiliki teamwork dimana tiap orang bertanggung jawab atas promo di satu sosmed, maka tobatnya batal demi hukum). Produk saya bukan produk massal, baru sebatas homemade kecil yang lebih cocok promo di media online yang lebih simple namun efektif. Saya lebih selektif sekarang dan punya rumusan tersendiri:
Blog sebagai katalog online (juga instagram) + FB (personal) untuk menambah pelanggan dan situs jual beli OLX + WA(juga BBM dan Sms) untuk menyelesaikan deal-deal transaksi. Produk saya habis melalui cara itu, bahkan antrian pesanan masih bertumpuk saat saya menulis artikel ini.
Sedikit sosmed tapi bisa terbangun KEPERCAYAAN atara kita dengan calon customer, jauh lebih baik daripada aktif di banyak sosmed tapi sebenarnya buang-buang energi (dan juga pulsa).

Maaf jika saya belum bisa berpura-pura jadi seorang blogger yang sukses. Saya sharing pengalaman apa adanya saja. Semoga ada hikmah positif  yang bisa dipetik untuk kita semua. Amin.
Trimakasih sudah menyimak balada blog-ku hari ini....gimana balada-mu Beb??.

tentang pengalaman bisnis di internet

Labels:
[facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.