Cara Melukis Bordir

Volkswagen Embroidery Paint

Pada umumnya cara membordir dengan mesin bordir Juki itu sama saja. Saya hanya sekedar berbagi tahapan melukis bordir yang biasa saya lakukan.

1. Menyiapkan kanvas, pemidang/hoop (frame berbentuk bulat) dan mulai membuat sketsanya.


2. Memberikan warna dasar terlebih dahulu untuk area yang lebih dominan warnanya.


3. Setiap mengganti warna benang, jangan lupa bersihkan sisa benang bawah yang ada di sebaliknya.


4. Mulai membuat detilnya


5. Biasanya saya menuliskan nama dan tanggal pembuatan di bagian bawah kanan. Meskipun lukisan bordir tidak mudah untuk diduplikat orang, saya tetap merasa perlu mencantumkan nama di karya-karya saya. Siapa tahu besok jadi pelukis bordir terkenal. Amin.


6. Memasang lapisan spon curdoroy di bagian belakang untuk menutup benang bagian belakang biar hasilnya lebih rapi. Fungsi spon ini sangat penting untuk menguatkan kesan timbul 3 dimensi di bagian tertentu lukisan. Pilih obyek yang ingin ditonjolkan dan bordir di bagian garis tepi obyek bersama lapisan spon-nya.


 7. Untuk memudahkan perawatan, saya menambahkan kain dan dijahit membentuk kolongan untuk tempat memasukkan tali elastik. Dengan demikian lukisan bordir mudah untuk dilepas-pasang kembali ke frame-nya. Jadi jika lukisan itu sudah sangat kotor, Anda bisa mencuci dan menjemurnya sampai kering. Bisa juga setelah dicuci, lukisan disetrika dengan cara melepaskan/memutus tali kolongnya lebih dulu. Selesai menyetrika tali elastik (atau tali lainnya) bisa dipasang kembali dengan bantuan peniti yang dipasang disalah satu ujung tali ketika memasukkan tali ke dalam kolongan.


8. Lukisan bordir siap digantungkan di dinding dengan cara mencantolkan pada paku di bagian celah sekrup frame.

Bagi artikel ke :

Artikel terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

2 komentar:

  1. Saya tidak bisa seni, tapi asyik ini, ada berbagi ilmunya pula
    Dan itu, combi Brasil, wah sudah relatif langka ya :D

    BalasHapus